Desain Instrumen Tes TOSLS Terintegrasi Schoology untuk Mengukur Keterampilan Literasi Peserta Didik


Sigit Priatmoko, FMIPA Kimia (2022) Desain Instrumen Tes TOSLS Terintegrasi Schoology untuk Mengukur Keterampilan Literasi Peserta Didik. Chemistry in Education, 11 (1). ISSN 2252-6609

[thumbnail of 56. Desain Instrumen Tes TOSLS Terintegrasi.pdf] PDF - Published Version
Download (7MB)

Abstract

Penilaian berbasis literasi sains perlu dilakukan, untuk mengetahui tingkat keterampilan literasi sains peserta didik sekaligus evaluasi proses pembelajaran. Salah satu penilaian tersebut adalah Test of Science Literacy Skills (TOSLS), hasil pengembangan Cara Gormally yang terdiri sembilan indikator keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes dengan indikator TOSLS terintegrasi Schoology. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain model pengembangan 4D dengan tahapan Define, Design, Develop yang melibatkan subjek penelitian di SMA N 1 Bae Kudus. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda soal dalam menentukan kelayakan instrumen tes serta hasil angket tanggapan untuk menilai kelayakan tes terintegrasi Schoology. Hasil uji coba skala kecil diperoleh 27 butir soal terpakai dari 35 butir soal awal dengan validitas isi 45,5 dari skor total 52 dan reliabilitas 0,928. Taraf kesukaran belum berproporsi ideal dengan 11,1% soal mudah, 88,9% soal sedang, dan tidak ada soal sukar. Daya beda berproporsi 4% sangat jelek, 4% jelek, 7% cukup, 59% baik, 26% sangat baik. Profil keterampilan literasi sains peserta didik paling tinggi terdapat pada membuat grafik yang dapat merepresentasikan data sebesar 54,17%. Sedangkan keterampilan dalam membaca dan menginterpretasikan data memiliki presentase paling rendah dengan 34,25%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian; literasi sains; TOSLS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:01
Last Modified: 06 Jul 2023 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59399

Actions (login required)

View Item View Item