Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis Etnomatematika


Saironi, Moh and Sukestiyarno, YL. (2017) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Educatio Research, 6 (1). pp. 76-88. ISSN 2502-4507

[thumbnail of Artikel] PDF (Artikel)
Download (790kB)
[thumbnail of Turnitin] PDF (Turnitin)
Download (2MB)

Abstract

    KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN KARTU KERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran CORE berbantuan kartu kerja pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika dan kepercayaan diri siswa kelas VIII. Polpulasi dari penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar, Demak. Dengan teknik simple random sampling diperoleh kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen-1, kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen-2, dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen-1 diberi perlakuan dengan pembelajaran CORE berbantuan kartu kerja, Kelas eksperimen-2 dengan pembelajaran CORE, dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) siswa kelas eksperimen-1 dapat mencapai ketuntasan klasikal, (2) siswa kelas eksperimen-2 telah mencapai ketuntasan klasikal, (3) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas eksperimen-2 dan kelas kontrol, dan (3) rata-rata kepercayaan diri siswa kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas eksperimen-2 dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran CORE berbantuan kartu kerja efektif pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: character,creative thinking,curiosity,open ended
Subjects: L Education > Special Education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 02 May 2023 02:14
Last Modified: 21 Jul 2023 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57638

Actions (login required)

View Item View Item