Pengembangan karakter mandiri dan pemecahan masalah melalui model pembelajaran MMP pendekatan atong materi geometri
Masriah, - and Sukestiyarno, - and Susilo, BE (2015) Pengembangan karakter mandiri dan pemecahan masalah melalui model pembelajaran MMP pendekatan atong materi geometri. Unnes Journal of Mathematics Education., 4 (2). pp. 157-163. ISSN 2252-6927
PDF (Artikel)
Download (631kB) |
|
PDF (Turnitin)
Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan pembelajaran yang efektif,(2) mengetahui deskripsi karakter mandiri siswa;(3) mengetahui deskripsi keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan populasi siswa kelas VIII SMP 1 Karanganyar Demak tahun pelajaran 2014/2015, sampel siswa kelas VIII B dan dipilih 5 subjek penelitian dari kelas tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis uji ketuntasan, uji pengaruh, uji gain dan kualitatif deskriptif. Simpulan yang diperoleh adalah (1) pembelajaran matematika dengan model MMP pendekatan ATONG pada materi geometri kelas VIII efektif terhadap karakter mandiri dan kemampuan pemecahan masalah siswa;(2) deskripsi karakter mandiri siswa adalah S-1 mempunyai karakter mandiri yang baik, S-2 dan S-3 mempunyai karakter mandiri yang cukup baik, S-4 dan S-5 mempunyai karakter mandiri yang kurang;(3) deskripsi keterampilan pemecahan masalah siswa adalah S-1, S-2, S-3, S-4 dan S-5 dalam mengerjakan soal menjadi terbiasa dengan langkah-langkah pemecahan masalah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Education (General),Karakter mandiri,Kemampuan pemecahan masalah,Keterampilan pemecahan masalah,L7-991,Model MMP pendekatan ATONG |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Repositori Dosen Unnes |
Date Deposited: | 02 May 2023 07:39 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 02:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57637 |
Actions (login required)
View Item |