Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Model Pembelajaran Brain Based Learning


Mulyono, - Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Model Pembelajaran Brain Based Learning. Proceedings of the International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019).

[thumbnail of 122 Prosiding Sendikmad UAD 2018 hal 273-281 - Seviana Arnanda Sari.pdf] PDF
Download (889kB)

Abstract

Peran Kemampuan pemecahan masalah dalam matematika siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut muncul karena setiap individu memiliki perbedaan dalam memahami masalah matematika. Ketika siswa memecahkan masalah matematika maka siswa mencari solusi yang tepat dari masalah yang dihadapinya dengan cara yang berbeda-beda. Strategi menyelesaikan masalah dalam matematika siswa tentunya tidak lepas dari cara siswa menerima dan mengolah informasi yang disebut sebagai gaya kognitif. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada gaya kognitif siswa adalah Brain Based Learning (BBL). Brain Based learnig adalah model pembelajaran yang diselaraskan dengan cara kerja otak yang didesain secara ilmiah untuk belajar. Model Brain Based learnig menawarkan sebuah konsep untuk menciptakan pembelajaran yang berorentasi pada upaya pemberdayaan otak siswa melalui tiga strategi, yaitu menciptakan lingkungan belajar matematika yang menantang kemampuan berpikir siswa; menciptakan lingkungan pembelajaran matematika yang menyenangkan; dan menciptakan situasi pembelajaran matematika yang aktif dan bermakna bagi siswa. Inti dari model Brain Based learnig adalah siswa berperan aktif membangun pengetahuan matematika yang dimilikinya, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan mediator dalam pembelajaran matematika siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:07
Last Modified: 11 Apr 2023 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57019

Actions (login required)

View Item View Item