Persepsi Siswa tentang Kewibawaan Guru Bahasa Jawa dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan


Sendang Witjayanti, 2009 (2009) Persepsi Siswa tentang Kewibawaan Guru Bahasa Jawa dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Siswa tentang Kewibawaan Guru Bahasa Jawa dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan]
Preview
PDF (Persepsi Siswa tentang Kewibawaan Guru Bahasa Jawa dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan) - Published Version
Download (30kB) | Preview

Abstract

Witjayanti, Sendang. 2009. Persepsi Siswa tentang Kewibawaan Guru Bahasa Jawa dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Pembimbing I: Drs. Widodo, pembimbing II: Drs. Hardyanto. Kata kunci: persepsi, kewibawaan, motivasi belajar Persepsi adalah suatu hasil dari proses penginderaan dan penafsiran oleh individu terhadap pengalaman yang berarti dan merupakan aktivitas yang integrated dalam diri individu. Persepsi siswa tentang kewibawaan guru bahasa Jawa pada dasarnya merupakan hasil dari proses kognitif di mana seorang siswa memberikan arti tentang wibawa seorang guru bahasa Jawa berdasarkan stimulus yang diperoleh melalui pengalaman-pengalaman yang mereka lihat. Penanganan upaya peningkatan prestasi dan kualitas pendidikan membutuhkan guru bahasa Jawa yang memiliki beberapa kelebihan, baik kelebihan yang berkaitan dengan jabatan yang sedang disandang oleh guru tersebut, dan kelebihan lain yang diperlukan untuk mendukung berhasilnya tugas dan tanggung jawabnya. Dengan kelebihan itu guru akan berwibawa dan akan mempengaruhi motivasi belajar bahasa Jawa siswa. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah persepsi siswa tentang kewibawaan guru bahasa Jawa, (2) bagaimanakah motivasi belajar bahasa Jawa siswa, (3) adakah hubungan antara persepsi siswa tentang kewibawaan guru bahasa Jawa terhadap motivasi belajar bahasa Jawa siswa. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa tentang kewibawaan guru bahasa Jawa, (2) motivasi belajar bahasa Jawa siswa, (3) apakah terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang kewibawaan guru bahasa Jawa terhadap motivasi belajar bahasa Jawa siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 700 siswa. Sampel penelitian ditarik 10 % dari populasi dengan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket dengan dilengkapi petunjuk pengisian secara jelas. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment, dengan bantuan program SPSS versi10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk variabel kewibawaan guru bahasa Jawa berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar bahasa Jawa siswa. Hal tersebut dibuktikan berdasakan tabel kritik nilai r product moment untuk N= 70 taraf signifiknsi 5 %= 0,235, sedangkan nilai ro yang diperoleh adalah 0,253. Selanjutnya hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai r pada tabel sebagai berikut : Pada taraf signifikansi 5% dengan jumlah responden 70 didapatkan rt = 0,235 sedangkan rxy = 0,253, dengan demikian rt lebih kecil daripada ro, ini berarti menunjukan adanya signifikansi atau pengaruh yang positif antara kewibawaan guru bahasa Jawa dengan motivasi belajar bahasa Jawa siswa di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan temuan tersebut, saran yang diberikan kepada guru bahasa Jawa adalah agar meningkatkan kewibawaannya. Dengan usaha semacam itu guru akan selalu dikagumi, dipercaya oleh siswanya. Usaha-usaha yang dapat dilakukan seorang guru bahasa Jawa untuk meningkatkan kewibawaan adalah mengembangkan dan senantiasa memberikan kesan keahlian yang dimiliki, memelihara dan mempertahankan kredibilitas, menguasai materi yang akan diajarkan, mampu menyusun metode pengajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi, kewibawaan, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2011 00:49
Last Modified: 19 Oct 2011 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5555

Actions (login required)

View Item View Item