Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII Semester I Di SMP Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009
Destiana Widya Santhi, 2009 (2009) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII Semester I Di SMP Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII Semester I Di SMP Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009)
- Published Version
Download (27kB) | Preview |
Abstract
Santhi, Destiana Widya. 2009. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII Semester I Di SMP Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNNES.Pembimbing: I. Drs. Haryanto, II. Drs. Kustiono, M. Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Think-Pair-Share. Pencapaian pemahaman dan pengalaman belajar siswa belum optimal sehingga angka prestasi belajar siswa menjadi menurun. Pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran yang mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan yang berbeda-beda dalam kelompok-kelompok kecil, di mana pada model pembelajaran ini siswa dalam kelompoknya mempunyai konsep bahwa mereka memiliki tanggung jawab bersama-sama untuk membantu teman sekelompoknya agar berhasil dan mendorong teman kelompoknya untuk melakukan upaya yang maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dapat berpengaruh meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Operasi Bentuk Aljabar kelas VII semester I di SMP N 11 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan populasi sebanyak 236 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 80 siswa. Penggambilan sampel, diambil secara random sampling dan terpilih kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif think-pair-share, sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh dengan metode tes dan analisis dengan uji t untuk menguji hipotesis penelitiannya. Hasil analisis hipotesis pertama diperoleh prestasi belajar kelompok eksperimen sebesar 73,13, sedangkan prestasi beajar kelompok kontrol sebesar 69,03. Hipotesis kedua diperoleh bahwa (1,78) > hitungttabelt (1,66) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika materi pokok ”Operasi Bentuk Aljabar” dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share pada meteri pokok Operasi Bentuk Aljabar dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Semarang. Bagi para pengajar di SMP N 11 Semarang disarankan menggunakkan strategi pembelajaran Model kooperatif tipe Think-Pair-Share untuk semua pelajaran, Karena model ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan mudah untuk diaplikasikan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Think-Pair-Share. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 00:43 |
Last Modified: | 19 Oct 2011 03:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5416 |
Actions (login required)
View Item |