Pengembangan Instrumen Self-Assessment untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Kimia
Endang Susilaningsih, - (2018) Pengembangan Instrumen Self-Assessment untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Kimia. Jurnal Profesi Keguruan, 4 (1). pp. 63-69. ISSN 2460-4399
PDF
Download (358kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen self-assessment pada praktikum kimia dasar untuk meningkatkan keterampilan laboratorium calon guru kimia. Penelitian ini menggunakan pen�dekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian pengembangan di UIN Walisongo Semarang. Penelitian diawali dengan validasi instrumen self-assessment oleh pakar dengan kriteria sangat layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan instrumen self-assessment pada prakti�kum kimia dasar telah tercapai kesepahaman antar observer dengan harga koefisien generalisabilitas 0,7. Dampak penggunaan instrumen self-assessment adalah 24 dari 30 mahasiswa dengan rata-rata kinerja sangat baik, tanggapan mahasiswa sangat setuju yaitu 20 dari 30 mahasiswa dan dosen pengampu memberikan tanggapan sangat setuju dengan penggunaan instrumen ini. Implementasi instrumen self-assessment terbukti efektif meningkatkan keterampilan laboratorium calon guru kimia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen, Self-Assessment, Keterampilan Laboratorium |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 04:14 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 04:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53981 |
Actions (login required)
View Item |