IMPLEMENTASI PEER AND SELF ASSESSMENT PADA PERKULIAHAN STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA


Endang Susilaningsih, - (2014) IMPLEMENTASI PEER AND SELF ASSESSMENT PADA PERKULIAHAN STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA. Chemistry in Education, 2 (3). pp. 192-199. ISSN 2252-6609

[thumbnail of 3137-Article Text-8033-1-10-20141020.pdf] PDF
Download (811kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini salah satunya yaitu untuk mengukur peningkatan performance mahasiswa dalam strategi mengajar. Jenis penelitian adalah penelitian penerapan, instrumen penelitian yang teruji diterapkan melalui pelaksanaan peer and self assessment pada performance mahasiswa dalam strategi mengajar. Prosedur penelitian yaitu menyusun instrumen penelitian, validasi instrumen, uji coba melalui implementasi performance pertama, analisis data uji coba, penyempurnaan instrumen penelitian, implementasi, analisis data implementasi, menyimpulkan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, rubrik, dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan performance berkatagori baik dari 6 mahasiswa menjadi 31 mahasiswa, berkatagori cukup dari 32 mahasiswa menjadi 7 mahasiswa. Kemampuan mahasiswa dalam peer assessment berdasarkan analisis IKK diperoleh hasil yang termasuk katagori sangat baik 5 penilaian, baik 10 penilaian, cukup 30 penilaian, kurang 24 penilaian, kurang sekali 11 penilaian. Hasil penilaian peer and self assessment dihubungkan dengan kesepahaman dosen diperoleh hasil peer assessment yang sepaham dengan penilaian dosen sebanyak 36 penilaian dan tidak sepaham dengan penilaian dosen sebanyak 44 penilaian, hasil self assessment yang sepaham dengan penilaian dosen 19 mahasiswa, dan tidak sepaham dengan penilaian dosen 21 mahasiswa. Simpulan yang diperoleh yaitu peer and self assessment dapat mengukur peningkatan performance mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peer and Self Assessment ; Performance ; Strategi Pembelajaran Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:15
Last Modified: 24 Nov 2022 07:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53478

Actions (login required)

View Item View Item