PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM INOVATIF PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS
Endang Susilaningsih, - (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM INOVATIF PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS. Chemistry in Education, 9 (2). pp. 1-7. ISSN 2252-6609
PDF
Download (940kB) |
Abstract
Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Inovatif (LKPI) berbasis proyek untuk mengukur keterampilan proses sains bertujuan untuk menghasilkan media yang teruji layak, efektif, dan praktis digunakan pada proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Developmnet (RnD) dengan model Define, Design, Develop, dan Disseminate (4D). Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes, pengisian angket, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan perhitungan rerata skor dan penentuan kriteria pada rentang tertentu. Analisis kelayakan LKPI oleh 3 ahli menunjukkan skor 86,7 dari 100 dalam kategori sangat layak. LKPI dinyatakan efektif berdasarkan hasil pengukuran keterampilan dasar terhadap 60 peserta didik dengan nilai lebih dari 75% dalam kategori sangat baik dan keterampilan terintegrasi pada kategori baik dengan hasil capaian beberapa indikator lebih dari 50%. Hasil uji pengetahuan dianalisis dengan perhitungan N�gain yang menghasilkan nilai sebesar 0,6782 pada kriteria sedang. LKPI dinyatakan praktis dengan analisis hasil lembar angket yang berada pada kategori setuju dengan skor 30,93 dari 40. Hasil menunjukkan bahwa LKPI teruji layak, efektif, dan paktis digunakan pada pembelajaran untuk mengukur keterampilan proses sains.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan proses sains; lembar kerja praktikum inovatif; pembelajaran berbasis proyek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 03:11 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 03:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53437 |
Actions (login required)
View Item |