IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN ANALISIS CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT


Sulhadi, - (2012) IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN ANALISIS CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT. Unnes Journal of Mathematics Education Research. pp. 139-145. ISSN 2252 - 6455

[thumbnail of 2012_UJMER_Jiwani dkk - sulhadi pati.pdf] PDF
Download (378kB)

Abstract

Standar proses merupakan salah satu acuan dalam penyusunan KTSP. KTSP mem- buat setiap sekolah memiliki model khas di dalam mengimplementasikan standar proses. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model implementasi standar pros- es dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian diperoleh: (1) implementasi standar proses dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Wonosobo mengikuti alur standar proses yaitu per- encanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan proses pembelajaran; (2) hasil analisis CIPP (Context, Input, Process, Product) yang secara konteks berupa tidak ter- laksananya rencana pelaksanaan pembelajaran, diselesaikan dengan adanya work- shop KTSP, berhasil membuat prestasi belajar matematika peserta didik mencapai KKM dan mendapat berbagai prestasi dalam bidang matematika; (3) model imple- mentasi standar proses berupa perencanaan proses pembelajaran dengan mengem- bangkan silabus dan RPP yang mengacu pada silabus dan RPP dari provinsi, pelaksanaan dengan kegiatan pembelajaran yang memuat pendahuluan, eksplorasi, elaborasi, konfirmasi dan penutup, penilaian dengan ulangan harian, tugas terstruk- tur, pengamatan, dan tes terjadwal, serta pengawasan yang dilaksanakan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran;(4) faktor pendukung implementasi standar proses berupa fasilitas, guru matematika dengan masa kerja diatas 5 tahun, dan kemampuan awal peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CIPP Mathematics learning Process standard implementation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:18
Last Modified: 23 Nov 2022 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53383

Actions (login required)

View Item View Item