Pengembangan Software Pembelajaran Fisika Mandiri Berbasis J2ME Untuk Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Gaya


Wisnu S Ardlian, 2008 (2008) Pengembangan Software Pembelajaran Fisika Mandiri Berbasis J2ME Untuk Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Gaya. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Software Pembelajaran Fisika Mandiri Berbasis J2ME Untuk Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Gaya]
Preview
PDF (Pengembangan Software Pembelajaran Fisika Mandiri Berbasis J2ME Untuk Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Gaya) - Published Version
Download (19kB) | Preview

Abstract

Ardlian, Wisnu.S.2008. Pengembangan Software Pembelajaran Fisika Mandiri Berbasis J2ME Untuk Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Gaya. Skripsi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Media belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar. Semakin berkembangnya teknologi secara langsung maupun tidak mempengaruhi gaya belajar dan kebutuhan akan pendidikan itu sendiri. Dilain pihak media belajar juga ikut berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat. Dengan keadaan ini guru dituntut untuk bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menciptakan suatu media belajar yang bisa membantu siwa belajar dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini dilakukan sehubungan dengan perlunya media belajar yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja tanpa ada batasan tempat dan waktu. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan software pembelajaran fisika mandiri pada media telepon selular. Metode penelitian yang dipakai adalah metode Research and Development (penelitian dan pengembangan). Penelitian ini dilakukan di SMP N 5 Semarang kelas VIII G, H. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, check list, dan angket. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data siswa sebagai subjek penelitian. Angket dan check list digunakan untuk mengetahui kelayakan software pembelajaran fisika mandiri. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif persentase. Data hasil analisis berupa prosentase yang kemudian di transformasikan dalam bentuk kalimat yang bersifat kualitatif. Penelitian ini menghasilkan software pembelajaran fisika mandiri pokok bahasan gaya pada media telepon selular. Pengembangan software pembelajaran ini dilakukan dengan memanfaatkan Netbeans 6.1. Software pembelajaran ini layak digunakan sebagai media belajar pada platform telepon selular dengan kategori cukup baik. Dari hasil analisis check list diperoleh 61,54% yaitu pada kriteria cukup baik. Sedangkan dari hasil analisis angket didapatkan hasil; kriteria pendidikan cukup baik (71,51%), kriteria tampilan cukup baik (66,92%), kriteria teknis cukup baik (70,78%). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah software pembelajaran fisika mandiri terdiri dari 2 bagian utama yaitu menu teori dan menu pencarian. Software pembelajaran fisika mandiri yang dihasilkan layak digunakan sebagai media belajar mandiri pada telepon selular dengan kriteria cukup baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: software pembelajaran mandiri, telepon selular, gaya, Netbeans 6.1
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Oct 2011 02:18
Last Modified: 05 Oct 2011 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5327

Actions (login required)

View Item View Item