PENGARUH ELABORATED FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ONLINE PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY
Abdul Hafidh, 4101416020 (2021) PENGARUH ELABORATED FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ONLINE PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH ELABORATED FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ONLINE PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu kemampuan yang paling penting dimiliki siswa adalah kemampuan komunikasi. Kemampuan komunikasi sangat penting dalam proses penyampaian gagasan baik tulisan maupun ucapan serta dapat meningkatkan kemampuan siswa baik melalui tanya jawab, menganalisis dan presentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Elaborated Feedback dalam pembelajaran model Contextual Teaching and Learning Online (CTL Online) pada Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy peserta didik serta untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dengan Elaborated Feedback dalam pembelajaran model Contextual Teaching and Learning Online (CTL Online) ditinjau dari Self-Efficacy peserta didik. Model penelitian yang digunakan yaitu Mixed Method. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 32 Semarang tahun 2020/2021. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dan pemilihan subjek dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Contextual Teaching and Learning Online (CTL Online) dengan Elaborated Feedback memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran model Contextual Teaching and Learning Online (CTL Online) tanpa diberi Elaborated Feedback. Serta siswa yang memiliki tingkat Self-Efficacy tinggi memiliki kemampuan komunikasi yang lebih tinggi pula dibandingkan dengan siswa yang memiliki Self- Efficacy rendah. Deskripsi kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari Self- Efficacy yaitu (a) Subjek dengan Self-Efficacy tinggi mampu memenuhi empat indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu Investigations, Basis for meaningful action, Problem interpretation dan Interaction with other disciplines. (b) Subjek dengan Self-Efficacy sedang mampu memenuhi empat indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu Investigations, Basis for meaningful action, Problem interpretation dan Interaction with other disciplines. Namun, pada indikator Problem interpretation terdapat sedikit kekurangan selebihnya peserta didik dengan Self-Efficacy sedang cenderung dapat memenuhi keempat indikator kemampuan komunikasi matematis yang ada. (c) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan Self-Efficacy rendah kurang dapat memenuhi keempat indikator kemampuan komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Elaborated Feedback, Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Online dan Self-Efficacy |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 06:40 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 06:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51741 |
Actions (login required)
View Item |