PENGEMBANGAN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE FORM PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN REJOAGUNG 01 PATI
Retno Yuniarsih, 1401417078 (2021) PENGEMBANGAN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE FORM PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN REJOAGUNG 01 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Berdasarkan data hasil pra penelitian melalui wawancara dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rejoagung 01 Pati, ditemukan bahwa pembelajaran IPA belum maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh faktor internal siswa yaitu masih kurangnya minat serta motivasi siswa dalam mengerjakan penilaian pembelajaran dan faktor eksternal yaitu penilaian pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan inovatif yang menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar menjadi rendah. Sehingga perlu dikembangkan penilaian pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif yaitu penilaian pembelajaran berbasis google form pada muatan pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik, kelayakan dan keefrektifan penilaian pembelajaran berbasis google form pada muatan pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg&Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan beberapa tahapan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain produk dan uji coba produk skala kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Subjek Penelitiannya adalah 32 siswa kelas IV SDN Rejoagung 01 Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penilaian pembelajaran berbasis google form memenuhi karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru; (2) penilaian pembelajaran berbasis google form layak digunakan sebagai penilaian pembelajaran secara daring, berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 91% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase sebesar 86% dengan kategori sangat layak; (3) kepraktisan penilaian pembelajaran berbasis google form dilihat dari hasil angket tanggapan guru dan siswa ketika melaksanakan uji coba prduk skala kecil dengan persentase 91% dan 96%, termasuk kategori sangat layak sehingga praktis digunakan untuk penilaian pembelajaran IPA. Simpulan penelitian ini adalah penilaian pembelajaran berbasis google form layak digunakan sebagai penilaian pembelajaran pada muatan pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Saran dalam penelitian ini untuk guru sebaiknya mengoptimalkan dan mengembangkan penilaian pembelajaran yang lebih bervariatif untuk memotivasi dan menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | google form, IPA, penilaian pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 04:25 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 04:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50805 |
Actions (login required)
View Item |