Studi Komparasi Minat dan Motivasi antara siswa Laki-laki dan Perempuan dengan Prestasi belajar pada Mata pelajaran Muatan Lokal Tata Busana kelas VIII SMP Negeri 3 Bawang Kabupaten Banjarnegara


Ruri Anggrayini, 2008 (2008) Studi Komparasi Minat dan Motivasi antara siswa Laki-laki dan Perempuan dengan Prestasi belajar pada Mata pelajaran Muatan Lokal Tata Busana kelas VIII SMP Negeri 3 Bawang Kabupaten Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Komparasi Minat dan Motivasi antara siswa Laki-laki dan Perempuan dengan Prestasi belajar pada Mata pelajaran Muatan Lokal Tata Busana kelas VIII SMP Negeri 3 Bawang Kabupaten Banjarnegara]
Preview
PDF (Studi Komparasi Minat dan Motivasi antara siswa Laki-laki dan Perempuan dengan Prestasi belajar pada Mata pelajaran Muatan Lokal Tata Busana kelas VIII SMP Negeri 3 Bawang Kabupaten Banjarnegara) - Published Version
Download (51kB) | Preview

Abstract

Ruri Anggrayni. 2008. Studi Komparasi Minat dan Motivasi antara siswa Laki-laki dan Perempuan dengan Prestasi belajar pada Mata pelajaran Muatan Lokal Tata Busana kelas VIII SMP Negeri 3 Bawang Kabupaten Banjarnegara, Pembimbung I. Dra. Musdalifah, M.Si. Pembimbing II. Dra. Urip Wahyuningsih, M.Pd Kata Kunci : Minat, Motivasi, dan Prestasi belajar Muatan Lokal Tata Busana Minat dan Motivasi merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain, di mana keduanya bersifat abstrak pada diri seseorang. Seseorang yang mempelajari sesuatu dengan penuh Minat dan Motivasi dapat diharapkan hasilnya lebih baik. Demikian halnya pada mata pelajaran Muatan Lokal tata Buasana, seorang siswa yang mempunyai minat dan motivsi belajar tinggi maka dapat diharapkan mencapai hasil yang tinggi pula. Secara fisik dan psikis kondisi Peserta didik laki-laki dan perempuan memiliki karakter yang berbeda, walaupun mungkin mempunyai kesamaan dalam bentuk wajah, besar badan, warna kulit dan lain-lain. Selama ini peserta didik laki-laki menganggap mempelajari muatan lokal tata busana merupakan bagian dari pekerjaan perempuan, ada rasa malu, jika peserta didik laki-laki diperintah untuk menjahit, dan melakukan hal-hal lain yang berkaitan dengan busana. Hal tersebut tentu berpengaruh besar terhadap hasil belajar peserta didik laki-laki. Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah adakah perbedaan minat dan motivasi peserta didik laki-laki dan perempuan dengan prestasi belajar pada mata pelajaran muatan lokal tata busana kelas VIII SMP Negeri 3 Bawang Kabupaten Banjarnegara, yang menjadi tujuan dalam skripsi ini adalah ingin mengetahui minat dan moivasi peserta didik laki-laki dan perempuan dengan prestasi belajar pada mata pelajaran muatan lokal tata busana kelas VIII SMP Negeri 3 Bawang Kabupaten Banjarnegara. Penelitian dalam skripsi ini berlokasi di SMP N 3 Bawang Kab. Banjarnegara, pendekatan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populsi dalam penelitian ini adalah Peserta didik laki-laki dan perempuan kelas VIII SMP N 3 Bawang Kab. Banjarnegara sejumlah 179 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Propotional Random Sampling yaitu bahwa populasi lebih dari 100 dapat diambil sampel antara 10 -15 % atau 20 – 25 % atau lebih. Sampel dalam penelitian ini diambil 30 %, sehingga sampel yang diambil berjumlah 55 siswa, terdiri dari 24 orang siswa laki-laki dan 31 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi, metode analisis data yang digunakan adalah Regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat Peserta didik perempuan memiliki rerata skor yang ” lebih tinggi ” dapat diketahui dimana rerata skor Peserta didik perempuan 51,80 sedangkan rerata skor Peserta didik laki-laki 46,95. Dalam hal Motivasi Peserta didik laki-laki memiliki rerata skor yang ” lebih tinggi ” dibandingkan Peserta didik perempuan, dapat diketahui dimana rerata skor Peserta didik laki-laki 121,00 sedangkan rerata skor Peserta didik perempuan 115,06. Dalam hal prestasi belajar Peserta didik perempuan memiliki rerata skor yang ” lebih tinggi ” dapat diketahui dimana rerata skor Peserta didik perempuan 76,35 sedangkan rerata skor Peserta didik laki-laki 69,66. Simpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah ada perbedaan dan pengaruh yang signifikan pada minat, motivasi, dan prestasi belajar mata pelajaran muatan lokal tata busana antara Peserta didik laki-laki dan perempuan kelas VIII SMPN 3 Bawang Kabupaten Banjarnegara. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan adalah guru perlu meningkatkan lagi aktivitas belajar peserta didik laki-laki dan perempuan, disamping itu untuk meningkatkan dan menimbulkan minat dan motivasi peserta didik dalam kegiatan belajar hendaknya menggunakan metode mengajar yang menarik bagi siswa berupa contoh fragmen kerajinan tangan. Bagi SMP N 3 Bawang Kabupaten Banjarnegara perlu menambah dan melengkapi peralatan jahit, agar Peserta didik bisa berlatih disekolah baik selama pelajaran maupun istirahat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, dan Prestasi belajar Muatan Lokal Tata Busana
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2011 06:55
Last Modified: 30 Sep 2011 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5075

Actions (login required)

View Item View Item