Model Project Based Learning dengan Hands on Activity Berbantuan Media Wayang Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK
Abdul Kholiq, - and SCOLASTIKA MARIANI, FMIPA Matematika and Isti Hidayah, - (2017) Model Project Based Learning dengan Hands on Activity Berbantuan Media Wayang Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6 (2). pp. 206-216. ISSN 2252-6455
PDF
- Published Version
Download (860kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (814kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh karakteristik perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan perangkat dengan model pengembangan Borg and Gall. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid; (2) perangkat pembelajaran dinyatakan praktis, (3) pembelajaran matematika dinyatakan efektif, ditandai dengan tercapainya: ketuntasan klasikal mencapai lebih dari 75%, kemampuan pemecahan siswa dengan pembelajaran PjBL melalui hands on activity lebih baik dari pada kelas konvensional, proporsi ketuntasan individu kemampuan pemecahan siswa siswa dengan pembelajaran PjBL melalaui hands on activity lebih besar dari pada kelas konvensional, keterampilan proses dan karakter cinta budaya wayang berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah, keterampilan proses dan karakter cinta budaya wayang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving Ability; PjBL; Hands on Activity and Puppet |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 05:34 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 05:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49532 |
Actions (login required)
View Item |