Pola Interaksi Sosial Antar Komponen Program Pendidikan Kesetaraan di PKBM Bina Ilmu Kecamatan Mijen Semarang


Ermy Nurhayati, 2009 (2009) Pola Interaksi Sosial Antar Komponen Program Pendidikan Kesetaraan di PKBM Bina Ilmu Kecamatan Mijen Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Pola Interaksi Sosial Antar Komponen Program Pendidikan Kesetaraan di PKBM Bina Ilmu Kecamatan Mijen Semarang]
Preview
PDF (“Pola Interaksi Sosial Antar Komponen Program Pendidikan Kesetaraan di PKBM Bina Ilmu Kecamatan Mijen Semarang) - Published Version
Download (20kB) | Preview

Abstract

Nurhayati, Ermy. 2009. “Pola Interaksi Sosial Antar Komponen Program Pendidikan Kesetaraan di PKBM Bina Ilmu Kecamatan Mijen Semarang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNNES. Pembimbing I Drs. Joko Sutarto, M. Pd, Pembimbing II Dra. Tri Suminar, M. Pd Kata kunci : pola interaksi sosial, komponen, PKBM Interaksi sosial merupakan hubungan dinamis yang mempertemukan orang dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, maupun orang dengan kelompok manusia. Interaksi sosial yang terjadi antara komponen program pendidikan kesetaraan ( meliputi pengelola, penyelenggara program, tutor dan warga belajar di PKBM Bina Ilmu). Permasalahan dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola interaksi sosial antara pengelola, penyelenggara program, tutor dan warga belajar dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran ? (2) Apakah pola interaksi sosial antar komponen membentuk sistem sosial, struktur sosial dan integrasi sosial ? Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan pola interaski sosial antar komponen program pendidikan kesetaraan di PKBM Bina Ilmu (2) mendeskripsikan pola interaksi sosial dalam membentuk suatu sistem, struktur dan integrasi sosial Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di PKBM Bina Ilmu Kecamatan Mijen Semarang. Fokus penelitian adalah pola interaksi sosial antar komponen (pengelola PKBM, penanggung jawab program, tutor dan warga belajar) di PKBM Bina Ilmu. Sumber data penelitian diambil dari subyek penelitian yaitu 1 orang pengelola, 2 orang penanggung jawab program, 3 orang tutor dan 3 orang warga belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi berdasarkan sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa interaksi sosial di PKBM Bina Ilmu antara lain kerjasama, menagtur jadwal belajar, melaksanakan pembelajaran, motivasi dan menetapkan jenis evaluasi (2) Interaksi sosial antar komponen saling mempengaruhi satu sama lain sehingga terbentuk sistem sosial. (3) Mereka menghargai dan menghormati satu sama lain sesuai dengan struktur sosial yang diembannya. (4) Semua komponen cenderung untuk saling menarik, tergantung dan menyesuaikan diri sehingga tercipta integrasi sosial. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa interaksi sosial di PKBM Bina Ilmu meliputi interaksi sosial antar individu, antar kelompok dan antara individu dengan kelompok. Saran Pengelola diharapkan dapat memberi contoh kepada warga belajar pendidikan kesetaraan paket A, paket B dan paket C tentang bagaimana menjalin interaksi sosial yang dinamis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola interaksi sosial, komponen, PKBM
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 29 Sep 2011 00:58
Last Modified: 29 Sep 2011 00:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4897

Actions (login required)

View Item View Item