Pengaruh Supervisi Akademik, Pendidikan Dan Pelatihan, Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening


Slamet Suroso, - and Rusdarti, - and Cahyo Budi Utomo, FIS Pendidikan Sejarah (2015) Pengaruh Supervisi Akademik, Pendidikan Dan Pelatihan, Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Educational Management, 4 (2). ISSN 2252-7001

[thumbnail of Pengaruh Supervisi Akademik, Pendidikan Dan Pelatihan, Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening.pdf] PDF - Published Version
Download (286kB)
[thumbnail of Review Pengaruh Supervisi Akademik, Pendidikan Dan Pelatihan, Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Kinerja guru akan menjadi optimal, bila didukung kompetensi supervisi kepala sekolah, pendidikan dan pelatihan, kompetensi profesional guru dan motivasi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan, kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening di SMP Kota Pekalongan. Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMP Kota Pekalongan, sampel diambil dengan teknik proportional cluster random sampling dari tiap sekolah pada empat kecamatan di Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner yang diberikan kepada responden secara langsung, dengan melalui uji validitas dan realibilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linier dengan uji prasyarat analisis dan uji t parsial serta uji path analysis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan, kompetensi profesional,berpengaruh langsung terhadap motivasi. (2) Supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan, kompetensi profesional dan motivasi berpengaruh langsung terhadap kinerja guru. (3) Supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan, kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap kinerja guru dengan mediasi motivasi kerja. Disarankan sebagai berikut kepala sekolah harus dapat meningkatkan supervisi akademik agar pencapaian tujuan sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: academic supervision education and training professional competence teachers' motivation and performance
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General) > Education Management
L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Dec 2021 02:42
Last Modified: 29 Dec 2021 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47894

Actions (login required)

View Item View Item