(ABSTRAK) PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING DISERTAI KARTU BERGAMBAR PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 JATIBARANG BREBES
Galih Fram Aji , 4401405594 (2011) (ABSTRAK) PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING DISERTAI KARTU BERGAMBAR PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 JATIBARANG BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING DISERTAI KARTU BERGAMBAR PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 JATIBARANG BREBES)
- Published Version
Download (71kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan wawancara dengan siswa banyak yang merasa proses belajar di sekolah lebih banyak menggunakan metode ceramah di setiap pokok materi, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Keadaan ini mengakibatkan hasil belajar siswa belum mencapai taraf maksimal. Metode pembelajaran Quantum Teaching memiliki suatu kerangka pengajaran yang efektif dan lebih menarik perhatian siswa yang dapat mengoptimalkan hasil belajar. Media kartu bergambar merangsang pembelajaran yang menyenangkan sehingga memudahkan konsentrasi dan membantu proses berpikir siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode Quantum Teaching disertai kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa SMP N 1 Jatibarang Brebes pada sub konsep klasifikasi Hewan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan metode quantum teaching disertai kartu bergambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP N 1 Jatibarang pada sub konsep klasifikasi hewan. Penelitian dilakukan pada kelas VII SMP N 1 Jatibarang Brebes, dengan kelas VII B dan VII F sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII C dan kelas VII E sebagai kelompok kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode Quantum Teaching disertai kartu bergambar, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa SMP N 1 Jatibarang Brebes. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Pretest-Postest. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Thitung untuk uji kesamaan rata-rata delta nilai pretest-postest kelas ekperimen dan kelas kontrol dengan taraf kepercayaan 95% dan dk=158 adalah sebesar 4,989, sedangkan ttabel = 1,98. Thitung > Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, rata-rata delta nilai pretest-postest siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan demikian didapat rata-rata hasil belajar siswa berbeda secara signifikan, kelompok eksperimen (74,60) lebih besar daripada kelompok kontrol (66,15). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Metode Quantum Teaching disertai kartu bergambar berpengaruh terhadap hasil belajar materi klasifikasi hewan di SMP N 1 Jatibarang Brebes.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum Teaching, Kartu Bergambar, Klasifikasi Hewan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2011 00:49 |
Last Modified: | 26 Sep 2011 00:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4571 |
Actions (login required)
View Item |