ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT PADA MATA KULIAH KAIWA ENSHUU KEGIATAN TALKSHOW


Novia Andriyastuti, 2302414001 (2020) ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT PADA MATA KULIAH KAIWA ENSHUU KEGIATAN TALKSHOW. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES DALAM  MENGUNGKAPKAN PENDAPAT PADA MATA KULIAH KAIWA ENSHUU KEGIATAN TALKSHOW] PDF (ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT PADA MATA KULIAH KAIWA ENSHUU KEGIATAN TALKSHOW) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Talkshow merupakan salah satu kegiatan yang ada di mata kuliah Kaiwa Enshuu. Di dalam kegiatan tersebut mahasiswa dituntut untuk dapat mampu mengungkapkan pendapat secara langsung sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa 34 dari 36 responden yaitu mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2014 atau 94,4% mengalami kesulitan mengungkapkan pendapat di kegiatan talkshow. Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan mahasiswa dalam mengungkapkan pendapat kegiatan talkshow, serta faktor—faktor yang menyebabkan kesulitan dan solusi untuk mengatasi kesulitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang angkatan 2014 yang telah mengambil dan mengikuti mata kuliah Kaiwa Enshuu. Pengumpulan data dengan angket semi terbuka. Hasil angket dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa kesulitan dalam pemilihan kosakata yang tepat dan bervariatif (71,25%), menyusun kalimat efektif yang sudah dipelajari(71,25%). Faktor kesulitan yaitu faktor malu karena takut membuat kesalahan (70%). Solusi untuk mengatasi kesulitan dosen memotivasi mahasiswa agar tidak malu/segan mengungkapkan pendapatnya agar mahasiswa berusaha berlatih menggunakan bahasa Jepang baik secara mandiri maupun dengan berkelompok, selain itu memotivasi agar mahasiswa dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Mengungkapkan Pendapat, Talkshow, Kaiwa Enshuu.
Subjects: L Education > L Education (General) > difficulty learning
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 02 Sep 2021 03:37
Last Modified: 02 Sep 2021 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45422

Actions (login required)

View Item View Item