PENGEMBANGAN LKPD BEREKSTENSI EPUB BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Faishal Aji Zulmi, 4201415017 (2020) PENGEMBANGAN LKPD BEREKSTENSI EPUB BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Download (6MB) |
|
PDF (PENGEMBANGAN LKPD BEREKSTENSI EPUB BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran fisika memerlukan bahan ajar seperti LKPD dengan inovasi baru yang menarik melalui pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berekstensi EPUB berbasis discovery learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan angket dan tes. Bahan ajar diuji kevalidannya dengan menggunakan lembar validasi media serta uji kelayakan menggunakan angket. Data hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh media pembelajaran yang valid untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi diperoleh 80% dengan kriteria valid, penilaian oleh ahli media diperoleh 78,12% dengan kriteria valid. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengembangan keterampilan berpikir mulai dari kriteria rendah hingga sedang. Keterampilan berpikir kritis peserta didik berkembang dengan adanya peningkatan sebesar 0,51 atau dalam kriteria sedang. Keterampilan menganalisis argumen berkembang dengan peningkatan 0,66 atau dalam kriteria sedang. Keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan berkembang dengan peningkatan sebesar 0,23 atau dalam kriteria rendah. Keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi berkembang dengan peningkatan sebesar 0,56 atau dalam kriteria sedang. Keterampilan membuat dan menentukan hasil pertimbangan berkembang dengan peningkatan sebesar 0,44 atau dalam kriteria sedang. Keterampilan menentukan suatu tindakan berkembang dengan peningkatan sebesar 0,59 atau dalam kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran LKPD berekstensi EPUB valid dan efektik digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD; Discovery Learning; keterampilan berpikir kritis. |
Subjects: | L Education > Special Education > Physical Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 03:55 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 03:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45028 |
Actions (login required)
View Item |