KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN LKS BERBANTUAN AUGMENTED REALITY


Dimas Yusup Baharudin, 4101416017 (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN LKS BERBANTUAN AUGMENTED REALITY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN LKS BERBANTUAN AUGMENTED REALITY] PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN LKS BERBANTUAN AUGMENTED REALITY) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa dengan penerapan model Learning Cycle 5E menggunakan LKS berbantuan Augmented Reality dapat mencapai ketuntasan klasikal dan rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa dengan penerapan model Learning Cycle 5E menggunakan LKS berbantuan Augmented Reality lebih baik daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa pada kelas PBL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quantitative methods atau penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experiment dengan bentuk the nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2019/2020 sebesar 256 siswa. Pengambilan sampel penelitian dalam penelitian ini didasarkan pada teknik cluster random sampling yaitu terdiri dari 32 siswa kelas VIII C dan 32 siswa kelas VIII D. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis kemampuan komunikasi matematik. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji proporsi dan uji t. Indikator kemampuan komunikasi matematik dalam penelitian ini yaitu: (A) kemampuan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari suatu persoalan; (B) kemampuan membuat gambar yang relevan dengan soal dan memberinya keterangan; (C) kemampuan menuliskan langkah-langkah penyelesaian suatu persoalan; (D) kemampuan menuliskan istilah-istilah dan simbol-simbol matematika; dan (E) kemampuan membuat simpulan secara tertulis dengan menggunakan bahasa sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematik siswa pada model Learning Cycle 5E mencapai ketuntasan klasikal dan (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa dengan model Learning Cycle 5E lebih tinggi dari rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa dengan model PBL

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematik, Learning Cycle 5E, LKS, Augmented Reality.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:53
Last Modified: 30 Aug 2021 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45004

Actions (login required)

View Item View Item