KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERNUANSA ETNOMATEMATIKA


Chrisvonela Neri Kurniati, 4101415127 (2020) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERNUANSA ETNOMATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERNUANSA ETNOMATEMATIKA] PDF (KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERNUANSA ETNOMATEMATIKA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

RME, Etnomatematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan kemampuan literasi matematika siswa dan mengetahui pengaruh karakter tanggung jawab siswa terhadap kemampuan literasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan strategi concurrent-triangulation. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di salah satu SMP di Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi matematis siswa dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education bernuansa Etnomatematika dapat dapat mencapai KKM dan ketuntassan klasikal (2) kemampuan literasi matematis siswa dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education bernuansa Etnomatematika lebih baik daripada kemampuan literasi matematis siswa dengan model pembelajaran ekspositori (3) karakter tanggung jawab siswa berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Pencapaian indikator tiap kelompok yeitu: (1) subjek dengan tanggung jawab tinggi mampu menyelesaikan enam soal dengan masing-masing terdapat satu soal yang tidak mencapai satu indikator dan dua soal tidak mencapai dua indikator; (2) subjek dengan tanggung jawab sedang mampu menyelesaikan enam soal dengan masing-masing terdapat satu soal tidak mencapai dua indikator dan satu soal tidak mencapai satu idikator; (3) subjek dengan tanggung jawab rendah hanya mampu menyelesaikan lima soal dengan masing-masing terdapat satu soal yang tidak memenuhi satu indikator, satu soal tidak memenuhi dua indikator, dan satu soal tidak memenuhi empat indikator, tiga soal tidak memenuhi dua indikator dan satu soal tidak memenuhi satu indikator. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terdapat siswa yang mewakili kelompok tanggung jawab sedang memperoleh hasil tes kemampuan literasi matematis dengan hasil yang sama seperti siswa yang mewakili kelompok tanggung jawab tinggi. Faktor yang mempengaruhi temuan tersebut adalah ketelitian siswa yang mewakili kelompok tanggung jawab sedang dalam mengoreksi kembali pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, Tanggung Jawab Siswa, RME, Etnomatematika
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:11
Last Modified: 26 Aug 2021 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44662

Actions (login required)

View Item View Item