KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
Kartika Pratiwi, 4101416113 (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan komunikasi siswa penting karena siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis lebih maka akan semakin besar pemahaman mereka tentang matematika. Guru matematika kelas VIII SMP Negeri 38 Semarang mengungkapkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswanya masih tergolong rendah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa sebagai akibat dari penerapan strategi pembelajaran TTW dengan pendekatan RME dan pembelajaran Discovery Learning. Berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas VIII juga diungkapkan bahwa siswa memiliki self-confidence yang berbeda-beda sehingga dalam penelitian ini dideskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas strategi TTW dengan pendekatan RME ditinjau dari self-confidence. Metode penelitian yang digunakan yaitu sequential explanatory. Sampel diambil dua kelas dengan teknik random sampling dari populasi kelas VIII SMP Negeri 38 Semarang. Kedua kelas akan dikenai strategi TTW dengan pendekatan RME pada kelas eksperimen dan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran matematika pada strategi TTW dengan pendekatan RME terhadap kemampuan komunikasi matematis berkualitas dan (2) deskripsi kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari tingkat self-confidence siswa yaitu (a) self-confidence tinggi, 82% siswa mencapai indikator menggambarkan ide-ide matematis secara tulisan, 45% siswa mencapai indikator menginterpretasikan ide-ide matematis secara tulisan, 18% siswa mencapai indikator menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide-ide, 82% siswa mencapai indikator mengevaluasi ide-ide matematis secara tulisan serta indikator lainnya dicapai seluruh siswa; (b) self-confidence sedang, seluruh siswa mencapai indikator mengekspresikan ide-ide matematis melalui tulisan, 70% siswa mencapai indikator menggambarkan ide-ide matematis secara tulisan, 75% siswa mencapai indikator menginterpretasikan ide-ide matematis secara tulisan, 65% siswa mencapai indikator mengevaluasi ide-ide matematis secara tulisan namun seluruh siswa belum mencapai indikator menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide-ide; dan (c) self-confidence rendah, dengan satu siswa mampu mencapai indikator mengekspresikan ide-ide matematis melalui tulisan dan menggambarkan ide-ide matematis secara tulisan namun belum mampu mencapai indikator lainnya. Berdasarkan kategori yang diperoleh dengan masing-masing kemampuan komunikasi matematis siswa, disarankan untuk mengoptimalkan pembelajaran guna memperoleh kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence, Strategi Think Talk Write, Pendekatan Realistic Mathematics Education |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 03:59 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 03:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44656 |
Actions (login required)
View Item |