TIGA PILAR KONSERVASI YANG TERDAPAT DALAM RPS DAN LEMBAR KERJA MATA KULIAH KAIWA TINGKAT TIGA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG


Aditya Rafif Ardana, 2302415007 (2020) TIGA PILAR KONSERVASI YANG TERDAPAT DALAM RPS DAN LEMBAR KERJA MATA KULIAH KAIWA TINGKAT TIGA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TIGA PILAR KONSERVASI YANG TERDAPAT DALAM RPS DAN LEMBAR KERJA MATA KULIAH KAIWA TINGKAT  TIGA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG] PDF (TIGA PILAR KONSERVASI YANG TERDAPAT DALAM RPS DAN LEMBAR KERJA MATA KULIAH KAIWA TINGKAT TIGA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tiga pilar konservasi adalah tiga dasar pokok pelaksanaan nilai-nilai konservasi di lingkungan Universitas Negeri Semarang yang merupakan kristalisasi dari nilai-nilai inti tujuh pilar konservasi. Tiga pilar konservasi tersebut yaitu, (1) nilai dan karakter, (2) seni dan budaya, dan (3) sumber daya alam dan lingkungan. Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, sebagai salah satu program studi yang ada di UNNES, sudah selayaknya mendukung visi UNNES sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Untuk dapat mengetahui dukungan prodi dalam pelaksanaan pencanangan tiga pilar konservasi UNNES, di antaranya dapat ditinjau dari cerminan rencana pelaksanaan semester atau RPS, yang di dalamnya terdapat tema materi indikatornya dan lembar kerja yang akan digunakan. Tema materi, indikator dan lembar kerja merupakan pedoman pengajar untuk melaksanakan perkuliahannya dalam satu semester. Pada program studi pendidikan bahasa Jepang, tedapat beberapa mata kuliah yang terintegrasi secara tematik sehingga tema yang ada dalam RPS merupakan tema berkelanjutan dari buku yang sama, di antaranya adalah mata kuliah kaiwa di tingkat tiga. Pada mata kuliah kaiwa di tingkat tiga terbagi menjadi Kaiwa Chukyu Kohan di semester lima dan Kaiwa Enshu di semester enam sehingga tema materi RPS semester enam merupakan tema materi kelanjutan dari semester lima. Berdasarkan latar belakang, maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tiga pilar konservasi yang terdapat pada RPS dan Lembar Kerja pada mata kuliah kaiwa di tingkat tiga. Pendekatan penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari RPS dan Lembar Kerja kaiwa tingkat tiga tahun 2019/2020. Objek data berupa tema materi, indikator dalam RPS dan lembar kerja yang terdapat tiga pilar konservasi . Teknik pengumpulan yaitu teknik non tes karena mengambil dari dokumentasi RPS dan lembar kerja. Langkah penelitian yaitu, mengumpulkan data yang terdapat unsur tiga pilar konservasi pada tema materi, indikator dalam RPS dan lembar kerja, kemudian dianalisis dan diklalisifikasi ke dalam tiga pilar konservasi. Hasil penelitian ditemukan, pada pilar kesatu terdapat 7 dari 8 poin pilar nilai dan karakter yaitu (1) inspiratif, (2) humanis, (3) peduli, (4) inovatif, (5) sportif, (6) kreatif, dan (7) jujur; pilar kedua, ditemukan hanya 2 nilai dari 5 poin pilar Seni dan Budaya yaitu poin konservasi budaya religius dan konservasi budaya tradisional; dan pilar ketiga ditemukan 2 dari 4 poin pilar Sumber Daya Alam dan Lingkungan yaitu konservasi keanekaragaman hayati dan pengurangan limbah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tiga Pilar Konservasi, RPS, Kaiwa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Aug 2021 06:18
Last Modified: 25 Aug 2021 06:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44544

Actions (login required)

View Item View Item