Penerapan Alat Peraga Sistem Pengisian Konvensional Berbasis Led Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Memahami Sistem Pengisian
Alwi Wahyudin, - and Hadromi, FT Pendidikan Teknik Otomotif (2018) Penerapan Alat Peraga Sistem Pengisian Konvensional Berbasis Led Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Memahami Sistem Pengisian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18 (2). pp. 67-71. ISSN 1412- 1247
Preview |
PDF
- Published Version
Download (437kB) | Preview |
Preview |
PDF
- Published Version
Download (553kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Alat peraga sistem pengisian konvensional berbasis LED dibandingkan dengan Alat peraga sistem pengisian yang sudah ada (sederhana) pada kompetensi memahami sistem pengisian. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain jenis Control Group Pre-test-post-test Design. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata – rata hasil belajar siswa kompetensi memahami sistem pengisian pada kelompok eksperimen yang semula 66,69 menjadi 84,47, sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata–rata sebesar 66,29 menjadi 73,71. Hasil penghitungan analisis data peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok ekperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Peningkatan pada kelompok Eksperimen yaitu sebesar 0,653 dengan kriteria sedang sedangkan peningkatan pada kelompok Kontrol sebesar 0,220 dengan kriteria rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga, Sistem Pengisian, LED, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 18 Apr 2021 01:46 |
Last Modified: | 18 Apr 2021 01:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43754 |
Actions (login required)
View Item |