Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing


Kuswanti, - and Dorojatun Prihandono, FE Manajemen (2017) Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing. Management Analysis Journal, 6 (3). pp. 342-350. ISSN 2252-6552

[thumbnail of Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Review Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (555kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran secara langsung dan tidak langsung melalui keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM Kerupuk Glopot di Kabupaten Tegal, yang berjumlah 80 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh, diperoleh jumlah sampel sesuai dengan jumlah populasi yaitu 80 responden. Metode penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menyatakan bahwa orientasi pelanggan, orientasi kewirausahaan, dan keunggulan bersaing memiliki nilai signifikan. Pengaruh orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran memiliki nilai signifikan. Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran memiliki nilai tidak signifikan. Pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran memiliki nilai signifikan. Kemudian, pengaruh mediasi dihasilkan bahwa pengaruh total kedua variabel lebih besar dari pengaruh langsungnya. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa hanya orientasi kewirausahaan yang tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran, sedangkan keunggulan bersaing memediasi pengaruh tidak langsung orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:10
Last Modified: 10 Feb 2021 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43239

Actions (login required)

View Item View Item