P ENGARUH MOTIVASI DAN AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 SEMARANG PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT)
Silmi Rusyda, 4101405059 (2009) P ENGARUH MOTIVASI DAN AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 SEMARANG PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (P ENGARUH MOTIVASI DAN AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 SEMARANG PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT))
- Published Version
Download (217kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(Teams Games Tournament) Motivasi mempunyai peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas diperlukan dalam belajar karena pada prinsipnya belajar adalah berbuat. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif adalah tipe TGT (Teams Games Tournament) yang terdapat game di dalam proses pembelajarannya. Dampak dari pembelajaran kooperatif diantaranya adalah membangun sikap belajar kelompok/bersosialisasi, membangun kemampuan bekerjasama, dan meningkatkan motivasi belajar. Menurut guru SMP Negeri 38 Semarang, Ibu Wenti Yanor, motivasi dan aktivitas siswa di sekolah ini masih rendah, sekolah ini mengalami penurunan KKM pada tahun pelajaran 2007/2008. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh positif motivasi dan aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 38 Semarang pada materi segiempat dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament)? (2) Berapa besar pengaruh motivasi dan aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 38 Semarang pada materi segiempat dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament)? dengan tujuan sesuai dengan rumusan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 38 Semarang. Pada kelas sampel yang dipilih secara random sampling dilakukan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi segiempat, kemudian dilakukan tes hasil belajar, pengambilan data motivasi melalui angket, dan data aktivitas melalui observasi. Berdasarkan analisis regresi linear ganda diperoleh persamaan regresi Ŷ = -26,216 + 0,960 X1 + 0,587 X2. Berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa regresi linear ganda berarti, koefisien korelasi ganda berarti, dan koefisien regresi linear ganda berarti, dan karena uji asumsi pada regresi linear ganda meliputi galat acak berdistribusi normal dan rata-rata sama dengan nol, kesamaan varians (homokedastisitas), dan tidak ada multikolinearitas dipenuhi maka model regresi linear ganda dapat digunakan untuk mengukur dan membuat kesimpulan. Jadi terdapat pengaruh positif antara motivasi dan aktivitas siswa terhadap hasil. Besar pengaruh motivasi dan aktivitas siswa terhadap hasil belajar adalah 77,6%. Saran yang direkomendasikan adalah hendaklah guru senantiasa memperhatikan dan meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa dan perlu dikembangkan penelitianpenelitian berikutnya untuk menemukan faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Siswa, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 21 Sep 2011 05:25 |
Last Modified: | 21 Sep 2011 05:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4275 |
Actions (login required)
View Item |