PERAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM KONSERVASI LINGKUNGAN DI SD JOGJA GREEN SCHOOL
Aida Rahmawati, 1102415104 (2020) PERAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM KONSERVASI LINGKUNGAN DI SD JOGJA GREEN SCHOOL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PERAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM KONSERVASI LINGKUNGAN DI SD JOGJA GREEN SCHOOL)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Manajemen pendidikan dapat diartikan sebagai aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat pada usaha mencapai tujuan pendidikan yang sebelumnya telah direncanakan. Sekolah alam merupakan salah satu bentuk lembaga pendidikan alternatif yang menghadirkan sistem dan layanan pendidikan progresif sebagai alternatif pilihan model layanan pendidikan masyarakat. Contoh sekolah yang menerapkan konsep alam adalah SD Jogja Green School yang berorientasi pada pembentukan karakter anak. SD Jogja Green School merupakan sekolah inklusi dengan konsep sekolah alam yang memiliki peserta didik ABK dan non-ABK. Sekolah sebagai agen sosialisasi sekunder, diharapkan mampu untuk merangsang dan mengajarkan anak-anak untuk mencintai lingkungan dan peduli dengan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perencanaan, implementasi, dan peran manajemen pendidikan dalam konservasi lingkungan. Metode penelitianiini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam mendapatkan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang dipakai yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan manajemen pendidikan didasarkan pada visi, misi, dan tujuan sekolah, untuk membentuk karakter positif yang mencintai diri sendiri, keluarga, sesama, dan lingkungannya. Perencanaan kurikulum disesuaikan oleh sekolah agar dapat diterima dengan baik olehipesertaididik, sehingga sekolah dapatimencapai tujuan yang diinginkan, (2) Implementasi manajemen pendidikan sudah memiliki pedoman pengelolaan yang cukup jelas, seperti kurikulum sekolah, kalenderspendidikan, struktursorganisasi, peraturan akademik, tata tertib sekolah dan visi misi, dan (3) Manajemen pendidikan berperan dalam membuat kurikulum sekolah sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. Guru berperan penting sebagai fasilitator dalam membentuk karakter peserta didik agar mencintai lingkungannya. Keberhasilan manajemen pendidikan dalam konservasi lingkungan dapat dilihat pada hasil pelaporan peserta didik Biwara dan Raport.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pendidikan, Konservasi Lingkungan, Sekolah Alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) > school environment |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Nov 2020 02:03 |
Last Modified: | 26 Nov 2020 02:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41688 |
Actions (login required)
View Item |