ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA DALAM PBL BERTEMA DI SMP NEGERI 20 SEMARANG


Ayu Irania Asmuransah, 4101414052 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA DALAM PBL BERTEMA DI SMP NEGERI 20 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA DALAM PBL BERTEMA DI SMP NEGERI 20 SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA DALAM PBL BERTEMA DI SMP NEGERI 20 SEMARANG) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematika merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh siswa begitu juga dengan rasa ingin tahu siswa. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematika dan rasa ingin tahu siswa di SMP Negeri 20 Semarang belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran PBL Bertema. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menguji kemampuan koneksi matematika siswa pada pembelajaran PBL Bertema mencapai ketuntasan belajar; (2) untuk menguji kemampuan koneksi matematika siswa pada pembelajaran PBL Bertema lebih baik dari kemampuan koneksi matematika siswa pada pembelajaran PBL; (3) untuk menguji rata-rata rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran PBL Bertema lebih dari rata-rata rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran PBL; (4) untuk menguji rasa ingin tahu siswa berpengaruh terhadap koneksi matematika siswa; dan (5) untuk mengetahui deskripsi kemampuan koneksi matematika siswa pada pembelajaran PBL Bertema ditinjau dari rasa ingin tahu siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang tahun ajaran 2018/ 2019. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VIII G sebagai kelompok kontrol. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes, angket rasa ingin tahu, hasil pekerjaan siswa dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang pada pembelajaran PBL Bertema mencapai ketuntasan belajar; (2) kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang pada pembelajaran PBL Bertema lebih baik daripada kemampuan koneksi matematika siswa pada pembelajaran PBL; (3) rata-rata rasa ingin tahu siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang pada pembelajaran PBL Bertema lebih dari rata-rata rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran PBL; (4) rasa ingin tahu siswa berpengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran PBL Bertema; (5) siswa dengan rasa ingin tahu tinggi dapat menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari dengan baik, dapat menerapkan matematika dalam bidang ilmu lain dengan tepat, dan dapat menerapkan hubungan antar topik matematika dengan baik, siswa dengan rasa ingin tahu sedang dapat menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari dengan baik namun perlu lebih teliti, dapat menerapkan matematika dalam bidang ilmu lain dengan tepat, dan dapat menerapkan hubungan antar topik matematika dengan baik, dan siswa dengan rasa ingin tahu rendah belum dapat menguasai ketiga indikator kemampuan koneksi matematika dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematika, PBL Bertema, Rasa Ingin Tahu
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Nov 2020 01:37
Last Modified: 13 Nov 2020 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41385

Actions (login required)

View Item View Item