PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 KELAS V SD NEGERI SEKBIN III KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES


Anggi Anggraeni Priyono, 1401416497 (2020) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 KELAS V SD NEGERI SEKBIN III KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416497.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pelakasanaan proses pembelajaran bisa dinilai melalui perolehan hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan perubahan yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar di antaranya perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Sekbin III Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 441 siswa. teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan jenis propotionate stratified random sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 210 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes untuk mengetahui hasil belajar Tema 7 dan angket yang menggunakan skala likert 4 untuk data perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa. data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara perhatian orang tua dan hasil belajar tema 7 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,457 > 1,971. Persentase sumbangan pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar Tema 7 sebesar 2,80%; (2) Terdapat pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Tema 7 dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel 2,883 > 1,971. Persentase sumbangan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Tema 7 sebesar 3,70%; serta (3) Terdapat pengaruh antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Tema 7 dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel 7,545 > 3,08. Persentase sumbangan pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Tema 7 sebesar 6,80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Tema 7 kelas V SD Negeri Sekbin III Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Saran dari penulis, guru harus bisa bekerjasama dengan orang tua untuk memastikan kegiatan belajar siswa agar mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Tema 7, Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 01:24
Last Modified: 10 Nov 2020 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41186

Actions (login required)

View Item View Item