KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTU MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI


Taufiq Hidayat, 1401416347 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTU MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416347.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (75MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang wajib diberikan kepada peserta didik pada jenjang pendidikan dasar. Berdasarkan observasi ditemukan bahwa hasil belajar matematika kelas IV SDN Gugus Srikandi Semarang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran problem posing berbantu media tangram terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN Gugus Srikandi. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan siswa kelas IV SDN Gisikdrono 02 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Gisikdrono 03 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis meliputi uji ketuntasan belajar, uji perbedaan rata-rata, dan uji normalized gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem posing berbantu media tangram lebih efektif daripada di kelas kontrol dengan ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 75% sedangkan kelas kontrol tidak mencapai 75%, thitung (3,079246) > ttabel (1,672) dan n-gain kelas eksperimen (0,76) > kelas kontrol (0,68). Simpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem posing berbantu media tangram lebih efektif daripada di kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN Gugus Srikandi. Saran penelitian yaitu penerapan model pembelajaran problem posing berbantu media tangram sebaiknya dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa tertarik dengan pembelajaran matematika dan akhirnya mampu menguasai materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Matematika; Problem Posing; Tangram.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:06
Last Modified: 05 Nov 2020 08:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41119

Actions (login required)

View Item View Item