LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KARAKTER ENTREPRENEUR SISWA PADA PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA MATHEMATICS IN CONTEXT


Tyas Ayun Endramawati, 0401516033 (2019) LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KARAKTER ENTREPRENEUR SISWA PADA PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA MATHEMATICS IN CONTEXT. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KARAKTER ENTREPRENEUR SISWA PADA PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA MATHEMATICS IN CONTEXT]
Preview
PDF (LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KARAKTER ENTREPRENEUR SISWA PADA PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA MATHEMATICS IN CONTEXT) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Endramawati, T.A. 2018. “Literasi Matematika Ditinjau Dari Karakter Entrepreneur Siswa pada Problem Based Learning Bernuansa Mathematics In Context”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Zaenuri S.E., M.Si., Akt., Pembimbing II Dr. Scolastika Mariani, M.Si. Kata Kunci: Literasi Matematika, Karakter Entrepreneur, Problem Based Learning, Mathematics In Context. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis (1) efektivitas pembelajaran model PBL bernuansa MiC terhadap literasi matematika siswa SMK Pelayaran Semarang dan (2) menganlisis literasi matematika siswa SMK Pelayaran Semarang pada pembelajaran dengan model PBL bernuansa MiC ditinjau dari karakter entrepreneur. Penelitian ini menggunakan penelitian kombinasi (mixed methods) dengan strategi concurred embedded. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMK Pelayaran Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Kelas X N-1 sebagai kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model PBL bernuansa MiC dan kelas X N-2 sebagai kelas kontrol mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model PBL. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dokumentasi, Tes Literasi Matematika (TLM), wawancara, angket dan observasi. Subjek penelitian yang diambil dari kelas eksperimen sebanyak enam subjek dengan kategori masing-masing dua subyek dengan karakter entrepreneur tinggi, sedang dan rendah. Data kuantitatif menggunakan uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata, uji peningkatan, uji perbedaan rata-rata karakter entrepreneur dan uji pengaruh karakter entrepreneur terhadap literasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL bernuansa MiC efektif terhadap literasi matematika siswa. Siswa yang memiliki karakter entrepreneur tinggi sangat mampu menguasai lima komponen dari ketujuh komponen literasi matematika, siswa yang memiliki karakter entrepreneur sedang sangat mampu menguasai empat komponen dari ketujuh komponen literasi matematika dan siswa yang memiliki karakter entrepreneur rendah menguasai satu komponen dari ketujuh komponen literasi matematika dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Literasi Matematika, Karakter Entrepreneur, Problem Based Learning, Mathematics In Context.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:18
Last Modified: 05 Nov 2020 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41070

Actions (login required)

View Item View Item