DESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN PADA LADDER FRAME CHASSIS KENDARAAN HYBRID ELEKTRIK-PNEUMATIK MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR PROFESSIONAL 2017
Siti Khoiriah, 5202416033 (2020) DESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN PADA LADDER FRAME CHASSIS KENDARAAN HYBRID ELEKTRIK-PNEUMATIK MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR PROFESSIONAL 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Perancangan chassis pada pengembangan kendaraan hybrid elektrik-pneumatik belum dilakukan. Merancang sebuah chassis juga perlu dilakukan analisis untuk mengetahui kekuatan pada desain chassis. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan desain chassis, mengetahui hasil analisis kekuatan, dan mengetahui keamanan ladder frame chassis dalam menopang beban pada kendaraan hybrid elektrik-pneumatik menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2017. Metode yang digunakan adalah simulasi menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2017. Mendesain chassis dimulai dari studi literatur, penggunaan model rancangan Pahl dan Beitz, melakukan permodelan rangka dan penyesuaian dimensi. Desain chassis dianalisis dengan memberikan pembebanan statis yang dilakukan dengan langkah penentuan jenis material, constraints, contacts, beban, mesh, dan melakukan run untuk mengetahui hasil stress analysis, kemudian dilakukan validasi. Hasil penelitian pada software Autodesk Inventor Professional 2017 menunjukkan bahwa desain chassis yang dibuat adalah jenis ladder frame yang dapat digunakan untuk kendaraan umum di area kampus. Nilai von Mises stress pada material baja AISI 1018 106 HR adalah sebesar 30,06 MPa pada default mesh, 29,6 MPa pada mesh control 10 mm, dan 29,15 MPa pada mesh control 5 mm dengan displacement sebesar 0,2643 mm, 0,2704 mm, dan 0,2764 mm, dan safety factor sebesar 8,32, 8,45, dan 8,58. Nilai von Mises stress pada material baja AISI 1018 118 QT adalah sebesar 30,07 MPa pada default mesh, 29,52 MPa pada mesh control 10 mm, dan 28,2 MPa pada mesh control 5 mm, dengan displacement sebesar 0,2644 mm, 0,2699 mm, dan 0,275 mm, dan safety factor sebesar 9,64, 9,82, dan 10,29. Desain chassis yang dibuat aman dengan pertimbangan bahwa material baja AISI 1018 118 QT lebih aman karena memiliki nilai von Mises stress yang relatif sama dengan material baja AISI 1018 106 HR namun memiliki safety factor yang lebih tinggi. Saran pada penelitian ini yaitu: Pembuatan chassis dengan kebutuhan nilai safety factor yang tinggi sebaiknya menggunakan baja AISI 1018 118 QT dibandingkan baja AISI 1018 106 HR. Namun, Baja AISI 1018 106 HR sudah layak digunakan dengan pertimbangan kekuatan tidak jauh berbeda dan safety factor sudah di atas 4. Sebaiknya dilakukan perhitungan mendalam pada simulasi welding dan bolting serta variasi bentuk profil, dimensi, dan material untuk mengetahui rancangan chassis yang lebih akurat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Autodesk Inventor Professional 2017, chassis, desain, kendaraan hybrid |
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 03:57 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 03:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41050 |
Actions (login required)
View Item |