KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RALLY COACH


Dian Kartika Sari, 0401516071 (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RALLY COACH. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RALLY COACH]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RALLY COACH) - Submitted Version
Download (834kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sari, Dian Kartika. 2019. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rally Coach”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Dr. Mulyono, M.Si., Pembimbing II. Dr. Tri Sri Noor Asih, S.Si., M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Kooperatif Tipe Rally Coach, Tipe Kepribadian Extrovert, Tipe Kepribadian Introvert. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rally Coach, (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari tipe kepribadian introvert, (3) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari tipe kepribadian extrovert. Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbang, kabupaten Banyumas tahun ajaran 2017/2018. Kelas VIII A dan VIII B menjadi sampel penelitian. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan tipe kepribadian extrovert dan tipe kepribadian introvert. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, tes, dan wawancara subjek penelitian. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Kuesioner EPI, Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM) dan lembar observasi. Data akhir dianalisis dengan uji rata-rata, uji proporsi, uji beda rata-rata dan uji beda proporsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran kooperatif tipe Rally Coach berkualitas baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil akhir pembelajaran; (2) siswa dengan tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah yaitu mampu memahami masalah dengan baik, menyusun rencana pemecahan masalah dengan baik, siswa mampu melasanakan pemecahan masalah dengan baik sesuai dengan rencana, serta mampu melakukan pengecekan kembali kebenaran jawaban; (3) siswa dengan tipe kepribadian extrovert dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah mampu memahami masalah dengan baik, mampu merencanakan pemecahan masalah dengan baik, dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah siswa tidak dapat melaksanakan dengan baik sehingga tidak memperoleh jawaban yang tepat, siswa mampu melakukan pemeriksaan kembali terhadap jawaban yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Kooperatif Tipe Rally Coach, Tipe Kepribadian Extrovert, Tipe Kepribadian Introvert.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Personality
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:02
Last Modified: 05 Nov 2020 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41024

Actions (login required)

View Item View Item