KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA


Penty Nurmaya, 2101416029 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis di sekolah menuntut siswa untuk mampu menuangkan gagasan atau ide mereka ke dalam bahasa tulis berdasarkan dengan materi yang telah disampaikan oleh guru. Pengetahuan tentang keterampilan menulis tersebut diperoleh melalui kegiatan dalam pembelajaran berupa suatu perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas yang dilaksanakan oleh siswa berisi prosedur atau pola sistematis yang di dalamnya terdapat strategi, teknik, metode, bahan, media, dan alat pembelajaran lain yang memiliki peranan sebagai dasar melaksanakan kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : 1) Bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and compotition berbantuan media gambar pada siswa kelas X SMA. 2) Bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan model Numbered head together berbantuan media gambar pada siswa kelas X SMA. 3) Manakah model pembelajaran yang lebih efektif untuk diterapkan pada pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and compotition berbantuan media gambar pada siswa kelas X SMA. 2) Mendeskripsikan keefektifan keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan model Numbered head together berbantuan media gambar pada siswa kelas X SMA. 3) Menganalisis perbedaan keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and compotition dan numbered head together pada siswa kelas X SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experimental Design atau eksperimen semu. Desain ini merupakan pengembangan dari True Experimental Design. Dalam Metode penelitian ini memiliki kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonquivalent Control Grup Design. Nilai sig pada uji paired sample t-test tersebut adalah 0,000 yang bearti <0,05 (sig<0,05) yaitu 0,000<0,05 yang bearti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas eksperimen 1 setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran CIRC. Nilai sig pada uji paired sample t-test tersebut adalah 0,000 yang bearti <0,05 (sig<0,05) yaitu 0,000<0,05 yang bearti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas eksperimen 2 setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran NHT berbantuan media gambar. Penerapan model NHT berbantuan media gambar pada pembelajaran menulis teks eksposisi kelas X lebih efektif dibandingkan dengan penerapan model CIRC. Hal tersebut diketahui dari perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Pada kelas eksperimen 1 memperoleh rata-rata tes akhir 77,96 dan kelas eksperimen 2 memperoleh nilai 81,77. Saran yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbingan untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah adalah uru dapat menerapkan model pembelajaran CIRC dan NHT berbantuan media gambar sebagai alternatif pemilihan model untuk pembelajaran menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CIRC, Model Pembelajaran NHT, Keterampilan Menulis Teks Eksposisi
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Writing > writing skills
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:17
Last Modified: 03 Nov 2020 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40809

Actions (login required)

View Item View Item