GAMBAR ANAK GIFTED : KAJIAN BENTUK EKSPRESI, KECENDERUNGAN KECERDASAN VISUAL, DAN PROSES PEMBELAJARAN PADA KOMUNITAS PSGGC DI YOGYAKARTA
Ardiyawan, 0204515016 (2019) GAMBAR ANAK GIFTED : KAJIAN BENTUK EKSPRESI, KECENDERUNGAN KECERDASAN VISUAL, DAN PROSES PEMBELAJARAN PADA KOMUNITAS PSGGC DI YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (GAMBAR ANAK GIFTED : KAJIAN BENTUK EKSPRESI, KECENDERUNGAN KECERDASAN VISUAL, DAN PROSES PEMBELAJARAN PADA KOMUNITAS PSGGC DI YOGYAKARTA)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ardiyawan. 2016. ‘’Gambar Anak Gifted : Kajian Bentuk Ekspresi, Kecenderungan Kecerdasan Visual, dan Proses Pembelajaran pada Komunitas PSGGC di Yogyakarta’’. Tesis. Program Studi Pendidikan Seni S2. Program Pascsarjana. Universitas Negeri semarang. Pembimbing I Dr. Muh. Ibnan Syarif S.Pd., M. Sn., Pembimbing II Dr. Triyanto, M.A., i-590 hal. Kata Kunci: gambar anak gifted, bentuk ekspresi, kecenderungan kecerdasan visual, komunitas PSGGC di Yogyakarta. Gambar anak gifted merupakan wujud kecerdasan visual anak yang muncul dari pikiran dan perasaan anak dipengaruhi oleh lingkungan sekitar anak. Penelitian ini bertujuan mengkaji wujud kecerdasan anak gifted komunitas PSGGC melalui hail karya gambar yang dimiliki anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memusatkan pada metode field reseach (riset lapangan) yaitu memahami dan mendiskripsikan wujud kecerdasan visual gambar anak gifted komunitas PSGGC di Yogyakarta. Data yang disajikan dalam penelitian ini berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian mengenai ekspresi gambar anak gifted komunitas PSGGC menunjukan hasil sebagai berikut, pertama wujud karya anak gifted komunitas PSGGC menghasilkan gambar berupa sketsa hitam putih, sketsa berwarna, gambar arsir hitam putih, dan gambar arsir berwarna dengan objek gambar tokoh kartun, robot, hewan, dan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari serta wujud abstrak sesuai imajinasi anak. Wujud karya gambar anak gifted komunitas PSGGC tersebut merupakan Visualisasi ide atau gagasan dari dalam diri anak yang dipengaruhi oleh pikiran, perasaan dan lingkungan sekitar anak . Kedua, karya gambar anak gifted komunitas PSGGC menunjukan bentuk ekspresi kecerdasan visual yang dimiliki anak berupa kepekaan anak terhadap unsur-unsur dan prinsip visual, kemampuan dalam mengenali objek, serta kemampuan dalam mengukur jarak dan ukuran. Ketiga, komunitas PSGGC menempatkan diri mereka sebagai sebuah komunitas non formal dengan system pembelajaran yang bebas tanpa menggunakan kurikulum tertentu, berlangsung dimanapun, dan disampaikan oleh orang tua anak-anak gifted maupun mendatangkan narasuber dari berbagai kalangan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: gambar anak gifted, bentuk ekspresi, kecenderungan kecerdasan visual, komunitas PSGGC di Yogyakarta. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process L Education > Special Education > Art education N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 04:36 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 04:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40786 |
Actions (login required)
View Item |