MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOLESE LOYOLA SEMARANG


G. Rohastono Ajie, 0101612007 (2019) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOLESE LOYOLA SEMARANG. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER  SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS  KOLESE LOYOLA  SEMARANG]
Preview
PDF (MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOLESE LOYOLA SEMARANG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ajie, G. Rohastono. 2019. "Manajemen Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas Kolese Loyola Semarang". Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Promotor Prof. Dr. DYP Sugiharto, M. Pd, Kons., Kopromotor Prof. Dr. Soesanto, M. Pd, Anggota Promotor Prof. Dr. Rusdarti, M. Si. Kata Kunci: Manajemen pendidikan, nilai-nilai pendidikan karakter Fokus dan tujuan utama penelitian ini adalah: menganalisis manajemen pendidikan karakter siswa SMA Kolese Loyola. Yang dijabarkan menjadi: (1) menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter siswa SMA Kolese Loyola Semarang, (2) menganalisis perencanaan pendidikan karakter siswa SMA Kolese Loyola Semarang, (3) menganalisis pelaksanaan pendidikan karakter siswa SMA Kolese Loyola Semarang, (4) menganalisis pengendalian pendidikan karakter siswa SMA Kolese Loyola Semarang, dan (5) menganalisis manajemen pendidikan karakter siswa Kolese Loyola Semarang. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, prosesnya melalui pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Juga dilakukan uji keabsahan data. Teknik analisis menggunakan Model Interaksi dari Huberman. Hasil temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) nilai-nilai inti pendidikan karakter terkandung dalam visi dan misi SMA Kolese Loyola dan berkaitan dengan pengembangan manusia seutuhnya. (2) Perencanaan pendidikan karakter didasarkan nilai-nilai inti pendidikan karakter. (3) Pelaksanaan pendidikan karakter didasarkan pada best practice pendidikan karakter sesuai Paradigma Pedagogik Ignatian. (4) Pengendalian pendidikan karakter dilaksanakan baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengendalian pendidikan karakter. (5) Ditemukan manajemen pendidikan karakter yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pendidikan karakter siswa SMA Kolese Loyola menggunakan pendekatan integratif, komprehensif, dan holistik. Berdasarkan penilaian Kemendikbud selama enam tahun berturut-turut, SMA Kolese Loyola pada tahun 2015 menduduki juara ketiga secara nasional sebagai Sekolah Berintegritas dalam Penyelenggaraan Ujian Nasional dengan skor 97,81 atau berkategori sangat baik. Dengan demikian manajemen pendidikan karakter dengan pendekatan integritas, komprehensif, dan holistik berdampak positif terhadap penyelenggaraan Ujian Nasional. Disarankan seluruh warga sekolah SMA Kolese Loyola (yayasan, kepala sekolah dengan wakilnya, guru mata pelajaran, guru BK, pelatih, wali kelas, tenaga kependidikan, dan siswa) bekerja sama dengan orang tua, masyarakat, dan pemerintah agar terlibat aktif sesuai dengan tugas dan peran masing-masing dalam manajemen pendidikan karakter untuk peningkatan mutu pendidikan siswa SMA Kolese Loyola secara berkelanjutan. Harapan berikutnya dapat memberikan kontribusi yang terbaik dalam menyiapkan calon pemimpin yang dapat meningkatkan harkat dan martabat bangsa dan negara Indonesia.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen pendidikan, nilai-nilai pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Education Management
L Education > L Education (General) > school environment
L Education > LB Theory and practice of education > Education System
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:58
Last Modified: 21 Oct 2020 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40333

Actions (login required)

View Item View Item