LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN PBL DENGAN PENDEKATAN MiC BERBANTUAN GEOGEBRA BERBASIS BUDAYA LOKAL


Nofiana Ika Rahmawati, 0401516072 (2019) LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN PBL DENGAN PENDEKATAN MiC BERBANTUAN GEOGEBRA BERBASIS BUDAYA LOKAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN PBL DENGAN PENDEKATAN MiC BERBANTUAN GEOGEBRA BERBASIS BUDAYA LOKAL]
Preview
PDF (LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN PBL DENGAN PENDEKATAN MiC BERBANTUAN GEOGEBRA BERBASIS BUDAYA LOKAL) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rahmawati, N.I .2019. “Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Metakognisi Pada Pembelajaran PBL dengan Pendekatan MiC Berbantuan GeoGebra Berbasis Budaya Lokal”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Iwan Junaedi, S.Si., M.Pd., Pembimbing II Dr. Nur Karomah Dwidayati, M.Si. Kata Kunci: Literasi Matematika, Metakognisi, PBL, MiC, GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan pembelajaran matematika pada model PBL dengan pendekatan MiC berbantuan GeoGebra berbasis budaya lokal terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik; (2) menemukan pola kemampuan literasi matematika peserta didik kelas VIII ditinjau dari metakognisi pada pembelajaran PBL dengan pendekatan MiC berbantuan GeoGebra berbasis budaya lokal. Penelitian ini berjenis mixed method tipe concurrent embedded design, dimana desain penelitian kuantitatif adalah quasi experiment. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 15 Sukolilo. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran PBL dengan pendekatan MiC berbantuan GeoGebra berbasis budaya lokal efektif terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik; (2) ditemukan pola kemampuan literasi matematika yang bervariasi pada masing-masing kelompok, seperti (a) peserta didik dengan metakognisi tinggi, ada yang memiliki kemampuan sangat baik pada empat aspek literasi, kurang memiliki kemampuan pada dua aspek literasi, dan tidak memiliki kemampuan pada satu aspek literasi lainnya, (b) peserta didik dengan metakognisi sedang ada yang memiliki kemampuan sangat baik pada satu aspek literasi, memiliki kemampuan yang cukup baik pada satu aspek literasi, dan tidak tidak memiliki kemampuan pada lima aspek literasi lainnya, (c) peserta didik dengan metakognisi rendah, ada yang memiliki kemampuan baik pada satu aspek literasi, dan tidak memiliki kemampuan pada enam aspek literasi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat peserta didik dengan metakognisi sedang yang memiliki nilai tes literasi matematika lebih tinggi dari peserta didik dengan metakognisi tinggi. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dapat memberikan dampak yang positif terhadap literasi matematika peserta didik. Sehingga guru disarankan untuk menggunakan model PBL dengan pendekatan MiC berbantuan GeoGebra berbasis budaya lokal dalam upaya meningkatkan literasi matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Literasi Matematika, Metakognisi, PBL, MiC, GeoGebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:51
Last Modified: 21 Oct 2020 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40319

Actions (login required)

View Item View Item