KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA


MUKERIYANTO, 0401517078 (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA) - Submitted Version
Download (864kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Mukeriyanto. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Model Pembelajaran Kancing Gemerincing Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Zaenuri Mastur, S.E, M.Si, Akt. Pembimbing II Dr. Mulyono, M.Si. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran kancing gemerincing, etnomatematika, gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) keefektifan model pembelajaran Kancing Gemerincing yang bernuansa etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif yang diajar dengan model pembelajaran Kancing Gemerincing bernuansa etnomatematika. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methids) antara metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Gemawang Temanggung. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik cluster random sampling yang terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang siswanya diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kancing Gemerincing bernuansa etnomatematika sedangkan kelas kontrol adalah keas yang siswanya di beri pembelajarang menggunakan model pembelajaran Discovery Learnig. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji beda rata-rata, uji peningkatan, dan uji paired sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Kancing Gemerincing yang bernuansa etnomatematika efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan indikator siswa pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kancing Gemerincing bernuansa etnomatematika mencapai ketuntasan klasikal, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran model pembelajaran Kancing Gemerincing bernuansa etnomatematika kurang dari sama dengan kemampuan siswa pada pembelajaran model pembelajaran Discovery Learning, peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran model pembelajaran Kancing Gemerincing bernuansa etnomatematika lebih dari peningkatan siswa kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran model pembelajaran Discovery Learning. Peningkatan cinta budaya lokal siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kancing Gemerincing bernuansa etnomatematika. Siswa dengan gaya kognitif field independent memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika tergolong baik karena dapat mencapai semua indikator kemampuan pemecahan masalah dengan sedikit kesalahan. Sisiwa dengan gaya kognitif field dependent memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika tergolong cukup baik karena belum mencapai semua indikator kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran kancing gemerincing, etnomatematika, gaya kognitif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:14
Last Modified: 21 Oct 2020 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40315

Actions (login required)

View Item View Item