KOMUNIKASI MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MOBILE LEARNING


Muhammad Ashim, 0401517012 (2019) KOMUNIKASI MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MOBILE LEARNING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMUNIKASI MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MOBILE LEARNING]
Preview
PDF (KOMUNIKASI MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MOBILE LEARNING) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ashim, Muhammad. 2019. ”Komunikasi Matematika Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mobile Learning”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Mohammad Asikin, M.Pd., Pembimbing II Dr. Iqbal Kharisudin S.Pd., M.Sc. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika, Self-Efficacy, Problem Based Learning (PBL), Mobile Learning. Kemampuan komunikasi matematika diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, soft skill berupa self-efficacy juga berpengaruh terhadap keberhasilan siswa. Oleh karena itu diperlukan inovasi pembelajaran yang mampu mengimprovisasi kemampuan komunikasi matematika dan self-efficacy siswa, yaitu pembelajaran PBL berbantuan mobile learning. Pembelajaran ini menggabungkan langkah-langkah PBL dengan bantuan aplikasi mobile berupa mobile trigonometri. Tahapannya yaitu orientasi masalah yang terdapat di aplikasi, organisasi siswa berupa menyelesaikan permasalahan yang ada di aplikasi, pembimbingan oleh guru dan tanya jawab dengan siswa terkait masalah di aplikasi, menyajikan hasil rekapan jawaban di aplikasi, dan terakhir guru memberi konfirmasi dan menarik simpulan bersama siswa. Aplikasi ini digunakan siswa dalam pembelajaran dan didesain untuk melatih komunikasi matematika. Materi dalam penelitian ini adalah perbandingan trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pembelajaran PBL berbantuan mobile learning dan mendeskripsikan komunikasi matematika siswa ditinjau dari self- efficacy. Penelitian ini berjenis mixed method tipe concurrent embedded. Pengambilan data self-efficacy melalui angket dan data kemampuan komunikasi matematika melalui posttest dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 MAN 1 Kota Pekalongan. Teknik pemilihan subjek penelitian kualitatif adalah purposive sampling di mana subjek dipilih masing-masing dua siswa pada setiap kelompok self-efficacy. Analisis data kuantitatif menggunakan uji t, uji proporsi, uji beda rata-rata, uji beda proporsi dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PBL berbantuan mobile learning berkualitas. Hal ini karena pada tahap perencanaan, perangkat pembelajaran, media, dan instrumen penelitian dalam kategori baik. Pada tahap pelaksanaan, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dalam kategori baik. Pada tahap penilaian, pembelajaran PBL berbantuan mobile learning efektif, yang ditunjukkan dengan: 1) komunikasi matematika siswa mencapai ketuntasan lebih dari 75%, 2) rataan komunikasi matematika lebih dari 65, 3) proporsi ketuntasan komunikasi matematika kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol, 4) rataan komunikasi matematika kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol, 5) self-efficacy berpengaruh positif terhadap komunikasi matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika, Self-Efficacy, Problem Based Learning (PBL), Mobile Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:10
Last Modified: 21 Oct 2020 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40314

Actions (login required)

View Item View Item