LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI ENGAGEMENT SISWA PADA MODEL FORMULATE SHARE LISTEN CREATE PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN EDMODO


Ikha Brillyani Widyaswara, 0401516064 (2019) LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI ENGAGEMENT SISWA PADA MODEL FORMULATE SHARE LISTEN CREATE PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN EDMODO. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI ENGAGEMENT SISWA PADA MODEL FORMULATE SHARE LISTEN CREATE PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN EDMODO]
Preview
PDF (LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI ENGAGEMENT SISWA PADA MODEL FORMULATE SHARE LISTEN CREATE PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN EDMODO) - Submitted Version
Download (917kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Widyaswara, I. B. 2019. “Literasi Matematika Ditinjau dari Engagement Siswa pada Model Formulate Share Listen Create Pendekatan Reciprocal Teaching Berbantuan Edmodo”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Wardono, M.Si, Pembimbing II Dr.Tri Sri Noor Asih, S.Si.,M.Si. Kata Kunci : literasi matematika, engagement, FSLC, pendekatan reciprocal teaching, Edmodo. Matematika merupakan pelajaran yang sangat bermanfaat bagi siswa. Literasi matematika memberikan bekal menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan penting dikuasai oleh siswa. Kenyataannya, kemampuan literasi matematika siswa masih rendah. Engagement merupakan hal yang mempengaruhi pencapaian belajar. Engagement siswa yang beragam memerlukan adanya inovasi pembelajaran agar mengasah keterampilan literasi matematika sehingga mempengaruhi kemampuan literasinya. Model formulate share listen create pendekatan reciprocal teaching berbantuan Edmodo yang memfasilitasi siswa terlibat aktif dalam pembelajaran maupun saat berada di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas model FSLC pendekatan reciprocal teaching berbantuan Edmodo dan mengetahui pola kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan engagement yang dimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian concurrent embedded design dengan kuantitatif sebagai primer. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP N 4 Semarang tahun 2017/2018 dan sampel kelas VII H dan VII F. Subjek penelitian berdasarkan kelompok engagement. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan literasi matematika, pengamatan keterampilan literasi matematika, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan model FSLC pendekatan reciprocal teaching berbantuan Edmodo berkualitas yang dapat dilihat melalui tahap perencanaan dimana perangkat pembelajaran dan instrumen tervalidasi dengan kriteria minimal baik. Tahap proses terlaksana dengan baik. Tahap assesment dapat dilihat melalui kemampuan literasi matematika siswa mencapai ketuntasan belajar dengan ketuntasan individual melampaui kriteria ketuntasan minimal dan ketuntasan klasikal lebih dari 70%, kemampuan literasi matematika siswa lebih baik dari model discovery learning pendekatan saintifik, rata-rata peningkatan kemampuan literasi matematika siswa lebih dari model discovery learning pendekatan saintifik, peningkatan keterampilan literasi matematika pada siswa pilihan dengan kategori tinggi dan sedang. Engagement dan keterampilan literasi berpengaruh positif terhadap kemampuan literasi matematika. Pola kemampuan literasi matematika siswa dapat dideskripsikan sebagai berikut : siswa kelompok engagement atas menguasai komponen literasi matematika yaitu komunikasi, matematisasi, representasi, menentukan strategi, penalaran dan argumentasi; siswa kelompok menengah menguasai komunikasi, matematisasi, representasi, menentukan strategi; dan siswa pada kelompok bawah menguasai representasi, menentukan strategi dan menggunakan simbol/bahasa/operasi dengan cukup baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : literasi matematika, engagement, FSLC, pendekatan reciprocal teaching, Edmodo.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:48
Last Modified: 21 Oct 2020 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40312

Actions (login required)

View Item View Item