KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME


Hairunisah, 0401516010 (2019) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME]
Preview
PDF (KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME) - Submitted Version
Download (4MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Hairunisah. 2019. “Kemampuan Literasi Matematika dan Gaya Kognitif Siswa pada Model Pembelajaran Mind Mapping Pendekatan Konstruktivisme”. Tesis. Program Studi Matematika, Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Mulyono, M.Si., Pembimbing II Dr. Walid, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Literasi Matematika, Gaya Kognitif, Mind Mapping, Konstruktivisme. Literasi matematika di Indonesia tergolong rendah dan siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah tidak adanya pembiasaan dari guru sehingga siswa Indonesia kurang terlatih untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pembelajaran matematika dan menganalisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa pada model pembelajaran mind mapping pendekatan konstruktivisme. Model pembelajaran mind mapping pendekatan konstruktivisme diharapkan mampu mendukung dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan model concurrent embedded. Penelitian kualitatif digunakan sebagai metode sekunder dan penelitian kuantitatif digunakan sebagai metode primer. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII SMPN 40 Semarang tahun pelajaran 2017/2018 dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran mind mapping pendekatan konstruktivisme dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang dikenai model Problem Based Learning. Subjek penelitian sebanyak empat siswa yang diperoleh berdasarkan hasil tes gaya kognitif (GEFT). Data kuantitatif diuji menggunakan uji rata-rata, uji ketuntasan klasikal, uji beda proporsi dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pembelajaran dengan model mind mapping pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan literasi matematika berkualitas. Hal ini ditunjukkan pada tahap perencanaan pembelajaran yang disusun telah valid, keterlaksanaan proses pembelajaran dalam kategori sangat baik serta hasil pembelajaran berlangsung efektif. (2) Kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent mampu menguasai empat dari enam indikator literasi matematika, dua indikator lainnya yaitu representasi dan penalaran dan argumentasi belum mampu dikuasai sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent mampu menguasai semua indikator literasi matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Literasi Matematika, Gaya Kognitif, Mind Mapping, Konstruktivisme.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 02:50
Last Modified: 21 Oct 2020 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40308

Actions (login required)

View Item View Item