ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E


Anis Rahmawati, 0401514062 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E) - Submitted Version
Download (3MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rahmawati, A. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Berdasarkan Disposisi Matematis Melalui Pembelajaran Learning Cycle 7E”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Kartono, M.Si., Pembimbing II Dr. Isti Hidayah, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Aljabar, Disposisi Matematis, Pembelajaran Learning Cycle 7E. Kemampuan berpikir aljabar adalah bagian yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir aljabar siswa dipengaruhi oleh disposisi matematis. Penerapan pembelajaran Learning Cycle 7E mampu meningkatkan kemampuan berpikir aljabar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kualitas pembelajaran Learning Cycle 7E dan mendeskripsikan pola kemampuan berpikir aljabar dari siswa kelas 7 dalam menyelesaikan masalah aljabar ditinjau dari disposisi matematisnya. Penelitian dilakukan menggunakan mixed methods dengan concurrent embeded design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7. Data kuantitatif dianalisa dengan z tes dan independent t tes, sedangkan data kualitatif dianalisa secara deskriptif. Kualitas pembelajaran dinilai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 7E termasuk dalam kriteria baik. Siswa dengan disposisi matematis kategori tinggi dapat menyelesaikan masalah aljabar dari kemampuan generalisasi, kemampuan transformasional hingga kemampuan level meta-global. Siswa dengan disposisi matematis kategori sedang dapat menyelesaikan masalah aljabar pada kemampuan generalisasi dan kemampuan transformasional serta siswa dengan disposisi matematis kategori rendah hanya dapat menyelesaikan masalah aljabar pada kemampuan generasional saja. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru memberikan bimbingan lebih terhadap siswa dengan disposisi matematis kategori rendah dalam menyelesaikan soal aljabar sehingga siswa dengan disposisi matematis kategori rendah dapat menyelesaikan soal aljabar dengan baik. Guru juga disarankan agar memberikan motivasi kepada siswa dengan disposisi matematis kategori sedang agar tidak mudah puas dan menyerah dalam menyelesaikan soal aljabar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Aljabar, Disposisi Matematis, Pembelajaran Learning Cycle 7E.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 06:54
Last Modified: 20 Oct 2020 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40281

Actions (login required)

View Item View Item