ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA PROJECT BASED LEARNING DENGAN STRATEGI STEM
Dewi Prabaningrum, 4101415104 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA PROJECT BASED LEARNING DENGAN STRATEGI STEM. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA PROJECT BASED LEARNING DENGAN STRATEGI STEM)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari diposisi matematis pada project based learning dengan strategi STEM. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan pengujian terhadap tingkat pencapaian ketuntasan kemampuan komunikasi matematis menggunakan PjBL dengan strategi STEM, dan pengaruh serta deskripsi disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis menggunakan PjBL dengan strategi STEM. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain sequential explanatory design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-G sebagai kelas ekperimen dan VII-H sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 12 Semarang yang diambil melalui area random sampling. Subjek penelitian terdiri dari 6 subjek yang dipilih melalui teknik purposive sampling dimana untuk setiap kategori disposisi matematis dipilih dua orang subjek penelitian. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan yaitu, (1) kemampuan komunikasi matematis menggunakan PjBL dengan strategi STEM efektif ditandai dengan hasil sebagai berikut: (i) kemampuan komunikasi matematis siswa pada PjBL dengan strategi STEM mecapai batas ketuntasan minimal secara rata-rata yaitu 74; (ii) kemampuan komunikasi matematis siswa pada PjBL dengan strategi STEM mencapai batas ketuntasan klasikal secara proporsi yaitu lebih dari 75% siswa mencapai batas tuntas; (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan PjBL dengan strategi STEM lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan discovery learning yang ditandai dengan hasil sebagai berikut: (i) rata-rata kemampuan komunikasi matematis dengan PjBL strategi STEM lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis dengan discovery learning; (ii) proporsi ketuntasan kemampuan komunikasi matematis dengan PjBL strategi STEM lebih baik dari proporsi ketuntasan kemampuan komunikasi matematis dengan discovery learning, (3) terdapat pengaruh positif antara disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis, (4) dua subjek dengan disposisi matematis tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi dan keduanya mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis dengan baik, (5) dua subjek dengan disposisi matematis sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori sedang namun keduanya kurang mampu pada indikator kemampuan komunikasi matematis dalam menyajikan bentuk aljabar dari masalah matematika, dan (6) dua subjek dengan disposisi matematis kategori rendah, 1 subjek memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang dan 1 subjek memiliki kemampuan komunikasi matematis rendah dimana keduanya kurang mampu pada indikator kemampuan komunikasi matematis dalam menyajikan bentuk aljabar dan melakukan operasi matematika.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis, Project Based Learning, dan STEM. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 01:12 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 01:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40120 |
Actions (login required)
View Item |