KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF EFFICACY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VIII
Meidila Wulandari, 4101415007 (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF EFFICACY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF EFFICACY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VIII)
- Published Version
Download (678kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran model CPS, pembelajaran dengan model CPS mencapai ketuntasan belajar, serta terdeskripsinya kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari SE. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran atau kombinasi (mixed method). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Moga tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dipilih berdasarkan random sampling, sehingga terpilih kelas VIII H sebagai sampel penelitian. Subjek penelitian kualitatif dipilih secara purposive sampling dengan berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah, angket SE, rekomendasi dari guru matematika SMP Negeri 1 Moga, dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Sehingga diperoleh 9 subjek penelitian dengan 3 siswa KPM tinggi, 3 siswa KPM sedang, 3 siswa KPM rendah dengan SE tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kualitas pembelajaran CPS terhadap KPM siswa sangat baik, (2) KPM siswa pada pembelajaran model CPS mencapai ketuntasan belajar, dan (3) Siswa dengan KPM tinggi dan SE tinggi mampu mencapai indikator 1, 2, 3, 5, 6, 7 dalam KPM dan semua dimensi SE, siswa dengan KPM tinggi dan SE sedang mampu mencapai indikator 1, 2, 3 dalam KPM dan semua dimensi SE, siswa dengan KPM sedang dan SE tinggi mampu mencapai indikator 1, 2 dalam KPM dengan indikator lain belum sempurna dan belum mencapai dimensi magnitude, siswa dengan KPM sedang dan SE rendah hanya mampu mencapai indikator 4 dalam KPM dan belum mencapai dimensi pada SE, siswa dengan KPM sedang dan SE rendah belum mencapai indikator KPM secara sempurna dan dimensi SE, siswa dengan KPM rendah dan SE sedang belum mencapai indikator KPM secara sempurna dan dimensi magnitude dan strength pada SE, siswa dengan KPM rendah dan SE rendah belum mencapai indikator KPM secara sempurna dan dimensi SE. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, siswa perlu dilatih dengan soal-soal non rutin dan guru harus memberikan perlakuan sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa. Karena setiap siswa memilik kemampuan yang berbedabeda.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM), Self Efficacy (SE), Creative Problem Solving (CPS) |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 01:43 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 01:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39914 |
Actions (login required)
View Item |