KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM MODEL PROJECT BASED LEARNING PENDEKATAN RME BERBANTUAN MEDIA SCHOOLOGY
Maharani Asmara, 4101414004 (2019) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM MODEL PROJECT BASED LEARNING PENDEKATAN RME BERBANTUAN MEDIA SCHOOLOGY. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM MODEL PROJECT BASED LEARNING PENDEKATAN RME BERBANTUAN MEDIA SCHOOLOGY)
- Published Version
Download (693kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan survey yang dilakukan PISA, menunjukan bahwa hasil literasi matematika siswa Indonesia masih rendah. Maka dari itu salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model Project based Learning pendekatan RME berbantuan media Schoology.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar KLM siswa baik individu maupun klasikal, untuk mengetahui perbedaan KLM siswa, dan untuk mendeskripsikan KLM siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methods. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik random sampling, sehingga diperoleh kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Untuk data kualitatif, sebanyak 6 siswa kelas eksperimen terpilih sebagai subjek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah uji ketuntasan belajar individual dan klasikal, uji rata-rata, uji kesamaan dua rata-rata, dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) KLM siswa pada model Project Based Learning ditinjau dari kemandirian belajar siswa pendekatan RME berbantuan media Schoology mencapai ketuntasan belajar, (2) KLM siswa yang memperoleh pembelajaran Project Based Learning pendekatan RME berbantuan media Schoology lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning pendekatan Saintifik, (3) Peningkatan KLM siswa yang memperoleh pembelajaran Project Based Learning pendekatan RME berbantuan media Schoology lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning pendekatan Saintifik, dan (4) KLM siswa dengan pembelajaran Project Based Learning pendekatan RME berbantuan media Schoology untuk kategori kemandirian belajar tinggi dengan kemampuan literasi matematis sangat baik, mampu memahami dan mengidentifikasi masalah kemudian menginterpretasikannya ke dalam bentuk matematika menggunakan simbol dan instrumen matematika yang sesuai, serta mampu menyajikan proses pemecahan masalah menggunakan strategi penyelesaian yang tepat. Kategori kemandirian belajar sedang dengan kemampuan literasi matematis baik, memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dengan kemandirian belajar tinggi ,akan tetapi dalam penginterpretasian simbol dan penggunaan instrumen matematika sedikit kurang sesuai. Kemandirian belajar rendah dengan kemampuan literasi matematis kurang baik, mampu memahami masalah dan cukup mampu menyajikan proses pemecahan masalah dengan cara yang sederhana
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Matematis (KLM), Model Project Based Learning (PjBL), Pendekatan RME, Schoology |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 01:06 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 01:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39897 |
Actions (login required)
View Item |