KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN ARIAS BERNUANSA ETNOMATEMATIKA


Roro Royatal Ilah, 4101413147 (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN ARIAS BERNUANSA ETNOMATEMATIKA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN ARIAS BERNUANSA ETNOMATEMATIKA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN ARIAS BERNUANSA ETNOMATEMATIKA) - Published Version
Download (910kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemapuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Kemampuan pemecahan masalah berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini pembelajaran diterapkan menggunakan model ARIAS bernuansa etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika dan Problem Based Learning, lebih baik kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika atau Problem Based Learning, besar pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan concurrent embedded. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika dan Problem Based Learning mencapai ketuntasan belajar, kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika lebih baik dari Problem Based Learning, motivasi belajar berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam model pembelajaran ARIAS benuasnsa Etnomatematika sebesar 65%, subjek dengan motivasi belajar tinggi mampu menunjukkan pemahaman masalah, mengorganisasikan data dan memilih informasi yang relevan dalam pemecahan masalah, menyajikan masalah secara matematik dalam berbagai bentuk, dan cukup mampu pada indikator memilih pendekatan dan metode pemecahan masalah secara tepat, mengembangkan strategi pemecahan masalah, membuat dan menafsirkan model matematika dari suatu masalah, serta menyelesaikan masalah tidak rutin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah, motivasi belajar, model pembelajaran ARIAS, etnomatematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:03
Last Modified: 15 Oct 2020 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39896

Actions (login required)

View Item View Item