KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI MAJENANG PADA PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)
Rosiana Masitoh, 4101413106 (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI MAJENANG PADA PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI MAJENANG PADA PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME))
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran (1) kualitas pembelajaran model RME terhadap kemampuan berpikir geometri Van Hiele, dan (2) kemampuan berpikir geometri Van Hiele ditinjau dari kecerdasan spasial. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan desain concurrent triangulation design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri Majenang tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 subjek, yang berasal dari kelompok dengan kecerdasan spasial yang berbeda-beda. Hasil penelitian ini yaitu (1) kualitas pembelajaran model RME pada tahap perencanaan dalam kriteria baik, pelaksanaan dalam kriteria baik, dan evaluasi menunjukkan kemampuan berpikir geometri Van Hiele mencapai ketuntasan dengan kategori sangat baik dan rataan hasil tes kemampuan berpikir geometri Van Hiele kelas eksperimen lebih dari rataan kelas kontrol, (2) subjek yang tidak memenuhi semua elemen kecerdasan spasial, sudah mampu mencapai level 1 kemampuan berpikir geometri Van Hiele, tetapi belum maksimal; subjek yang memenuhi satu elemen kecerdasan spasial sudah mencapai level 1 kemampuan berpikir geometri Van Hiele, subjek yang memenuhi elemen mental rotation mampu mengenal lebih banyak sifat-sifat bangun geometri dibanding subjek yang memenuhi elemen spatial orientation; subjek yang memenuhi dua elemen kecerdasan spasial sudah mencapai level 2 kemampuan berpikir geometri Van Hiele, dimana subjek yang memenuhi elemen visualization dan mental rotation belum mampu membentuk definisi, sedangkan subjek yang memenuhi elemen visualization dan spatial relations mampu membentuk definisi bangun geometri meskipun belum maksimal; subjek yang memenuhi tiga elemen kecerdasan spasial sudah mencapai level 3 kemampuan berpikir geometri Van Hiele, dimana subjek yang memenuhi spatial perception, visualization, dan spatial orientation lebih baik dalam memahami peranan definisi, aksioma, dan teorema dibanding subjek yang memenuhi elemen visualization, mental rotation, dan spatial orientation; subjek yang memenuhi empat atau lima elemen kecerdasan spasial sudah mencapai level 3 tetapi belum mampu mencapai level 4 kemampuan berpikir geometri Van Hiele
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir geometri Van Hiele, spasial, Realistic Mathematics Education (RME). |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 01:00 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 01:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39895 |
Actions (login required)
View Item |