ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN CARA BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPENENDED DENGAN PEMBELAJARAN PBL
Dita Indah Hadiastuti, 4101412116 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN CARA BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPENENDED DENGAN PEMBELAJARAN PBL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN CARA BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPENENDED DENGAN PEMBELAJARAN PBL)
- Published Version
Download (421kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika kreativitas siswa sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan soal-soal yang rumit dan bersifat non-routine. Hal itu menandakan bahwa representasi matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan repesentasi matematis siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat telah mencapai ketuntasan klasika, dan mendapatkan deskripsi kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari cara berpikir siswa dalam menyelesaikan soal open-ended bertipe problems with multiple solutions dalam setting model pembelajan PBL. Desain penelitian yang dilakukan adalah mixed method. Sumber data untuk penelitian kualitatif dipilih subjek penelitian sebanyak 8 siswa kelas X AP SMK Nasional Pati berdasarkan tipe cara bepikir Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Abstrak (AA), dan Acak Konkret (AK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Analisis hasil tes kemampuan representasi matematis dan wawancara mengacu pada tiga aspek representasi yaitu visual, simbolik, dan verbal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMK Nasional Pati mencapai ketuntasan klasikal; (2) kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari karakteristik cara berpikir adalah (a) siswa tipe SK mempunyai kemampuan representasi visual pada kategori cukup, kemampuan representasi simbolik pada kategori sangat baik, dan kemampuan representasi verbal pada kategori kurang sekali; (b) siswa tipe SA mempunyai kemampuan representasi visual pada kategori cukup, kemampuan representasi simbolik pada kategori sangat baik, dan kemampuan representasi verbal pada kategori kurang ; (3) siswa tipe AA mempunyai kemampuan representasi visual dan verbal pada kategori cukup, dan kemampuan representasi simbolik pada kategori baik; (4) siswa AK mempunyai kemampuan representasi visual pada kategori cukup, kemampuan representasi simbolik pada kategori sangat baik, dan kemampuan representasi verbal pada kategori kurang sekali.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi Matematis; Cara Berpikir; Soal Open-ended; PBL. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 06:55 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 06:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39711 |
Actions (login required)
View Item |