KEMAMPUAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA TUNANETRA SMPLB PADA PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN AUDIO GEOBRAILLE
Yusriza Firdausi Romdhiana, 4101416042 (2020) KEMAMPUAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA TUNANETRA SMPLB PADA PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN AUDIO GEOBRAILLE. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan imajinasi matematika sangat diperlukan bagi siswa tunanetra dalam menyelesaikan soal matematika, terutama pada materi geometri. Siswa tunanetra yang kehilangan fungsi penglihatan merasa kesulitan dalam mengenali dunia luar yang bersifat visual, contohnya dalam membedakan objek yang mempunyai karakteristik yang mencolok, objek yang berkaitan dengan bentuk, keluasan, serta kedalaman. Akibatnya kemampuan imajinasi matematika siswa tunanetra cenderung terhambat dari siswa normal pada umumnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan imajinasi matematis adalah melalui strategi pembelajaran Joyfull Learning berbantuan media Audio Geobraille. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan imajinasi matematis siswa tunanetra pada materi sifat-sifat bangun datar segiempat dan luas gabungan bangun datar segiempat melalui strategi pembelajaran Joyfull Learning dengan bantuan media Audio Geobraille. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan single subject research design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas IX-A di SLB-A Wantuwirawan tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan, tes imajinasi matematis, dan wawancara. Selanjutnya, data yang dikumpulkan dianalisis berdasarkan dua kondisi besar selama proses penelitian, yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Analisis dalam kondisi meliputi komponen panjang kondisi (panjang interval), kecenderungan arah, tingkat stabilitas, tingkat perubahan, jejak data, dan rentang. Analisis antar kondisi meliputi jumlah variable yang diubah, perubahan kecenderungan arah dan efeknya, perubahan stabilitas dan efeknya, perubahan level data, serta data yang tumpang tindih (overlap). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Kemampuan imajinasi matematis siswa tunanetra pada materi sifat-sifat bangun datar segiempat dan luas gabungan bangun datar segiempat melalui pembelajaran Joyfull Learning dengan bantuan media Audio Geobraille telah memenuhi ketiga aspek imajinasi matematis yaitu: 1) Scientific Sensitivity yang meliputi indikator Emotional Understanding (EU) dan The Experience of Imagination (EI); 2) Scientific Creativity yang meliputi indikator Diversity (D) dan Originality (O); 3) Scientific Productivity yang meliputi indikator Creation and Reproduction (CR) dan Scientific Sense of Reality (SSR).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Imajinasi Matematis, Joyfull Learning, Audio Geobraille. Tunanetra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 07:06 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 07:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39544 |
Actions (login required)
View Item |